Breaking News:

Berita Karanganyar

Tarif Pelayanan Puskesmas di Karanganyar Naik Per 1 Februari 2021

Tarif pelayanan kesehatan di puskesmas di Kabupaten Karanganyar dinaikkan mulai 1 Februari 2021. 

Tribun Jateng/Agus Iswadi
Sekretaris DKK Karanganyar, Purwati. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Tarif pelayanan kesehatan di  puskesmas yang ada di Kabupaten Karanganyar dinaikkan mulai 1 Februari 2021. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Purwati menyampaikan, tarif pelayanan kesehatan puskesmas belum pernah ada kenaikan sejak 2010 lalu. Kenaikan tarif tersebut dilakukan menyusul beralihnya status puskesmas menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sejak akhir 2018. 

"Sosialisasi (kenaikan tarif) sudah dilakukan sejak 1 Januari 2021. Tapi mulai diterapkan pada 1 Februari 2021," katanya kepada Tribunjateng.com, Rabu (3/2/2021). 

Dia menjelaskan, sesuai ketentuan Perda, tarif lama sejak 2010 itu sudah tidak berlaku dan harus membuat Perbup pola tarif. Lebih lanjut, menaikan tarif pelayanan kesehatan di puskesmas merupakan konsekuensi menyusul ditetapkannya puskesmas sebagai BLUD. 

"Rawat jalan Rp 5.000, sekarang Rp 15 ribu. Ada perbedaan, Perda dulu subsidi banyak dari real cost yang dibebankan masyarakat kecil. BLUD ini kan diharapkan kemandirian lebih dibanding sebelumnya. Kami hitung biasa yang dikeluarkan untuk setiap pelayanan. Tapi kan tidak sepenuhnya real cost, Kalau real cost, rawat jalan bisa Rp 50 ribu," katanya kepada Tribunjateng.com, Rabu (3/2/2021). 

Purwati menuturkan, struktur tarif mempertimbangkan kemampuan masyarakat dan kompetitor. Sehingga nantinya puskesmas dapat mandiri dalam pengelolaan dan perawatan. 

"BLUD itu keleluasaan pengembangan layanan, outputnya peningkatan pekerja. Dulu semua tergantung Pemkab. Pemerintah masih mendampingi dalam hal program. Misal Covid-19 ini, pemerintah mendukung APD," pungkasnya. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved