Breaking News:

Berita Batang

2020, Kasus Anak Berhadapan Hukum di Batang Meningkat

Kasus anak berhadapan dengan hukum (ABH) mengalami peningkatan yang cukup signifikan di Batang tahun 2020

Istimewa
Duta Genre Batang saat melaksanakan edukasi kepada anak-anak. 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Kasus anak berhadapan dengan hukum (ABH) mengalami peningkatan yang cukup signifikan di Batang tahun 2020. 

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mencatat sepanjang tahun 2020 sudah ada 20 kasus ABH, sedangkan di tahun 2019 hanya ada 5 kasus dan 3 kasus di tahun 2018. 

Kabid Perlindungan Anak, Esti Herlina mengatakan peningkatan kasus ini terjadi lantaran beberapa hal satu diantaranya kenaikkan pelaporan kasus, dimana masyarakat sudah cukup terbuka untuk menyampaikan permasalahan ini ke dinas.

"Hal ini menunjukkan masyarakat sudah mulai terbuka melaporkan permasalahan yang terjadi pada anak. 

Tapi di sisi lain memang adanya perubahan sikap anak yang menyimpang dimana untuk ABH ini banyak di antara mereka yang memang menjadi pelaku kasus. Seperti mencuri, bullying dan kasus lainnya," jelasnya, Kamis (4/2/2021).

Selain itu, dikatakannya kebanyakan dari mereka yang terjerat kasus hukum lantaran kurang bisa memanajemen waktunya dengan baik. 

Penggunaan gadget yang tidak sesuai dengan peruntukan juga memicu anak untuk melakukan perbuatan yang menyimpang. 

"Ada faktor anak main handphone terus, karena memang saat ini mereka banyak waktu luang, peruntukannya tidak untuk hal positif," ujarnya.

Sementara untuk kasusnya ada yang mencuri, ada juga yang melakukan pelecehan seksual. 

"Jadi mereka bermain gadget untuk berkenalan dengan orang yang tak dikenal, ketemuan dan terjadi pelecehan," imbuhnya.

Pihaknya pun berupaya melaksanakan pembinaan kepada anak yang terjerat kasus hukum tersebut, pembinaan juga dilakukan kepada masyarakat luas melalui berbagai kegiatan konseling. 

Ia berharap masyarakat juga bisa lebih aktif melaporkan jika ada permasalahan kekerasan terhadap anak.

"Melalui Genre dan Forum Anak  juga melakukan edukasi ke anak-anak dan remaja di Batang dengan harapan agar anak di Batang bisa memanfaatkan waktu merekadengan baik serta melindungi dan berani melaporkan, jika terjadi kekerasan pada mereka," pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved