Breaking News:

Berita Salatiga

Hadapi Tantangan Global, Pemuda Diharap Selalu Mengaplikasikan 4 Pilar Kebangsaan

Generasi muda Indonesia diharapkan senantiasa dapat mengaplikasikan nilai empat pilar kebangsaan.

Istimewa
Anggota MPR RI Yoyok Sukawi (tengah) saat sosialisasi empat pilar kebangsaan MPR RI di daerah Karang Duwet, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Rabu (3/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Menghadapi tantangan global yang syarat dengan kemajuan teknologi informasi, generasi muda Indonesia diharapkan senantiasa dapat mengaplikasikan nilai empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan Undang-undang 1945.

Hal tersebut disampaikan Anggota MPR RI, A.S Sukawijaya saat sosialisasi empat pilar kebangsaan MPR RI di daerah Karang Duwet, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Rabu (3/2/2021).

Menurut Yoyok Sukawi begitu sapaan akrabnya, dengan mengamalkan nilai kebangsaan tersebut diharapkan menambah kepercayaan diri dalam berinovasi.

"Pemuda secara umum harus berani melangkah menyongsong masa depan supaya mempunyai nilai daya saing di tatanan global. Tetapi, jangan lupa jatidiri bangsanya dengan selalun mengaplikasikan empat pilar kebangsaan," terangnya dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Kamis (4/2/2021)

Menurut Yoyok, perkembangan teknologi digital tidak bisa dihindari. Sehingga, pemuda atau kaum millenial harus mampu menghadapi dan memiliki nilai saing serta senantiasa mendorong individu berinovasi.

Ia mencontohkan, secanggih seseorang itu berhasil menciptakan karya inovasi hasilnya diperuntukkan bagi Indonesia. Jika tidak, minimal dalam proses produksi melibatkan anak negeri.

“Sejauh apa pun saudara-saudara punya inovasi. Utamakan terlebih dahulu masyarakat sebangsa setanah air. Lebih bagus lagi membuat inovasi yang melibatkan anak negeri. Kalau itu berhasil, top banget. Nama Indonesia akan semakin dipandang di dunia internasional,” katanya

Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini juga mengungkapkan bonus demografi yang dimiliki Indonesia sangat memungkinkan untuk dimanfaatkan dalam membuat inovasi berdaya saing di kancah global.

Yoyok Sukawi optimistis kelak muncul pemuda-pemudi yang menjadi Elon Musk (Pemilik Tesla Inc) atau Jack Ma (Pendiri Alibaba Grup) baru dalam beberapa waktu ke depan dengan tetap memperhatikan empat pilar kebangsaan.

“Saya yakin kalau sedulur-sedulur mau serius, belajar, dan menanamkan empat pilar. Jack Ma baru atau Elon Musk baru bisa muncul dari Salatiga. Dan tentunya setelah sukses, angkat dulu nama Indonesia di kancah global dan Salatiga pastinya,” ujarnya. (*)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved