Breaking News:

Berita Pati

Selama Januari 2021, Satpol PP Pati Himpun Rp 26 Juta Denda Pelanggaran Protokol Kesehatan

Dalam kurun satu bulan, yakni Januari 2021, Satpol PP Kabupaten Pati menghimpun dana Rp 26 juta.

Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Kasatpol PP Pati Hadi Santosa 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Dalam kurun satu bulan, yakni Januari 2021, Satpol PP Kabupaten Pati menghimpun dana Rp 26 juta dari denda pelanggar protokol kesehatan.

"Adapun jumlah total sejak pemberlakuan Perbub (nomor 66 tahun 2020) ialah sekitar Rp 39,4 juta," ujar Kasatpol PP Pati Hadi Santosa, Rabu (3/2/2021).

Hadi mengungkapkan, pada rapat koordinasi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Senin lalu, pihaknya diminta untuk menekankan pelaksanaan sanksi yang bisa memberi efek jera.

"Selama ini secara bertahap kami terapkan sanksi teguran, sanksi sosial, dan denda. Namun sekarang ada penekanan untuk membuat masyarakat jera, insaf akan protokol kesehatan," ungkap dia.

Karena itu, lanjut Hadi, pihaknya akan berkoordinasi dengan TNI-Polri untuk memaksimalkan penerapan sanksi denda, meski sanksi jenis ini merupakan pilihan terakhir.

"Akan kami tekankan juga bahwa masyarakat tidak hanya dituntut untuk membawa masker dan memakainya secara asal-asalan. Melainkan bawa masker dan pakai dengan benar," tegas dia. 

Hadi menyebut, meski akan meningkatkan sanksi denda, pihaknya juga tidak akan mengabaikan penindakan secara persuasif dan edukatif.

”Namun kalau membandel dan melanggar berulang, tentu akan dilakukan denda,” ucap dia.

Untuk diketahui, sesuai ketentuan Perbup Pati nomor 66 tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Pati memberlakukan sanksi denda bagi pelanggar protokol kesehatan. Bagi masyarakat umum, nominal denda ialah Rp 100 ribu. Sementara, bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) ialah Rp 300 ribu. Adapun pengelola tempat umum/kegiatan yang mengabaikan protokol kesehatan dikenai denda Rp 1 juta. (*)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved