Breaking News:

Berita Batang

Dispaperta Batang Ajak Petani Kembangkan Alternatif Komoditas Holtikultura, Jeruk, Apel dan Anggur

Dispaperta Batang mengajak petani Batang untuk membudidayakan berbagai komoditas baru.

Istimewa
Dispaperta Batang saat melakukan program pendampingan Pelatihan Agribisnis Jeruk, Anggur dan Apel di Brayo beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Dispaperta Batang mengajak petani Batang untuk membudidayakan berbagai komoditas baru di antaranya komoditas apel dan anggur. 

Langkah ini diharapkan bisa menjadi opsi pilihan agar banyak tanaman yang bisa dikembangkan petani Batang

Untuk mensukseskan program tersebut, Dispaperta bersama Balijestro Malang melaksanakan pendampingan untuk petani dalam melaksanakan penanaman anggur dan apel ini. 

"Ini sebagai langkah kami agar petani Batang punya alternatif komoditas holtikultura lainnya, tidak hanya cabai dan bawang saja tetapi ada berbagai macam seperti Jeruk, Anggur dan Apel," tutur Sekretaris Dispaperta Batang, Budi, Jumat (5/2/2021).

Dia menjelaskan para petani ini memang sebelumnya mendapatkan bantuan bibit anggur dan apel.  Sehingga untuk keberlangsungan dan kesuksesan program ini perlu adanya pendampingan. 

Pendampingan ini salah satunya dilaksanakan dalam bentuk pelatihan yang digelar beberapa waktu lalu di Brayo. 

"Mereka kami kawal sehingga ketika ada permasalahan teknis, seperti pola tanam, asupan air, perlakuan pada tanaman bagaimana sehingga perlu adanya transfer ilmu," jelasnya. 

Ia berharap dengan adanya pendampingan ini petani Batang dapat berkembang ke depannya juga petani yang mendapatkan bantuan kali ini bisa sharing ilmu dengan petani lainnya. 

Selain itu diharapkan dapat membuka potensi ekonomi petani dari alternatif komoditas lain khususnya di bidang holtikultura. 

"Jadi kami harap dengan pendampingan ini bantuan yang kami berikan tidak muspro, para petani yang mendapatkan bantuan ini ke depannya dapat menjadi percontohan dan sharing ilmu ke petani lainnya dan Batang memiliki banyak alternatif komoditas holtikultura lainnya," pungkasnya. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved