Breaking News:

Berita Sragen

Pernah Memindahkan Lalu Dihantui, Arca dan Yoni di Komplek Pasar Bunder Sragen Itu Dikembalikan

Arca Durga Mahesa Suramardhini Mojo dan 2 Yoni Mojo Sragen ternyata sudah dipindahkan dua kali.

Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani
Danramil 01 Sragen, Kapten Cba Sugiyono ketika meninjau pembaharuan Yoni dan Arca di Komplek Pasar Bunder Sragen. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Satu Arca Durga Mahesa Suramardhini Mojo dan dua Yoni Mojo Sragen di komplek Pasar Bunder Sragen ternyata sudah dipindahkan sebanyak dua kali.

Namun ketika dipindahkan, seseorang tersebut terus diganggu sosok tak kasat mata dan akhirnya dikembalikan ke tempat semula.

Hal itu diketahui Danramil 01 Sragen, Kapten Cba Sugiyono ketika mendapatkan cerita dari sejumlah orang. Dirinya sendiri tidak mengetahui persis siapa orang yang memindahkan itu.

"Awalnya itu Yopi dan Arca ini berada di depan TK Kartika, lalu dipindahkan ke Utara Koramil waktu dipindah yang memindah itu dihantui dan minta dipindah kembali akhirnya dikembalikan tapi di posisi saat ini," terang Danramil 01 Sragen, Kapten Cba Sugiyono.

Beberapa pedagang masih meyakini di area Yoni dan Arca ini ada kehidupan sehingga beberapa diantaranya masih memberi bunga di arca tersebut.

Sugiyono mengatakan tidak hanya di komplek Pasar Bunder Sragen saja Yoni dan Arca ini, namun juga tersebar di beberapa titik mulai Barat PG Mojo, Desa Saradan hingga edupark Gemolong.

Adanya beberapa Yoni dan Arca ini diyakini dahulu Sragen sempat menjadi pergeseran pemerintah dari Candi Cetho, Kabupaten Karanganyar.

"Kisah yang saya dengar dari beberapa orang, yoni-yoni yang tersebar di Sragen itu awal mulanya diperkirakan pusatnya dari Candi Cetho."

"Disitul dahulu ada pusat pemerintahan, kemudian ada pergeseran pemerintah ke sebelah baratnya Sragen sehingga disini banyak ditemukan peninggalan semacam yoni maupun arca," katanya.

Berada di Tanah Okupasi

Halaman
12
Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved