Breaking News:

Jateng di Rumah Saja

Pendakian Gunung Lawu Wilayah Karanganyar Sepi Saat Pemberlakuan Jateng di Rumah Saja

Pendakian Gunung Lawu yang masuk wilayah Kabupaten Karanganyar sepi saat hari pertama gerakan Jateng di rumah saja.

Tribun Jateng/Agus Iswadi
Ilustrasi pendaki Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pendakian Gunung Lawu yang masuk wilayah Kabupaten Karanganyar sepi saat hari pertama gerakan Jateng di rumah saja.

Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Sunardi menyampaikan, jalur pendakian tetap buka dengan menerapkan aturan yang sama.

Yaitu waktu pendakian terkahir maksimal pukul 17.00 dan jumlah pendaki di masing-masing jalur pendakian dibatasi sebanyak 350 orang. Serta menerapkan protokol kesehatan.

"Pendakian tetap buka tapi sepi. Mungkin karena adanya aturan di rumah saja dua hari. Selain itu juga karena cuaca hujan terus. Hari ini ada sekitar 10 orang atau 12 tadi (melakukan pendakian melalui jalur Candi Cetho)," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Sabtu (6/2/2021). 

Dia menjelaskan, memang jumlah pendaki cenderung sepi terutama selama diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Di samping faktor cuaca ekstrem juga turut berdampak terhadap jumlah pendaki. 

"Kabut, hujan. Pendaki diminta tetap berhati-hati pohon tumbang dan jalan licin," ucapnya. 

Terpisah, anggota Anak Gunung Lawu (AGL), Budi menambahkan, saat ini tecatat jumlah pendaki yang melakukan pendakian melalui jalur Cemoro Kandang hanya 7 orang. 

Kepala Disparpora Karanganyar, Titis Sri Jawoto menyampaikan, Pemkab Karanganyar mengacu aturan PPKM tahap kedua terkait operasional wisata saat akhir pekan ini atau bertepatan dengan gerakan Jateng di rumah saja. 

Objek wisata diperbolehkan beroperasi hingga pukul 15.00, pengunjung dibatasi kapasitas 30 persen dari kapasitas normal dan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved