Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa Undip Semarang Ciptakan Alat Pengukur Kelembapan Tanah

Afif Khoirul Huda : semisal tanaman bakau yang ditanam pada daerah yang berkelembaban tinggi, bakau tersebut akan berkembang maksimal.

IST
Pengujian alat pengukur kelembapan dengan petani. 

TRIBUNJATENG.COM - GROBOGAN - Dalam bidang pertanian kelembapan tanah sangat berpengaruh bagi hasil panen yang di inginkan, petani di Desa Lemahputih, Brati, Grobogan masih mengira-ngira berapa kelembapan tanah pada tanamannya.

Dengan mengetahui kelembaban tanah yang ada di lingkungan tempat yang akan di tanam tumbuhan, petani dapat menentukan pemilihan jenis tanaman yang sesuai.

Menurut mahasiswa KKN Undip 2021, Afif Khoirul Huda, semisal tanaman bakau yang ditanam pada daerah yang berkelembaban tinggi, bakau tersebut akan berkembang dan berproduktifitas dengan maksimal.

Mahasiswa KKN Undip 2021, Afif Khoirul Huda melakukan dmeonstrasi alat pengukur kelembapan tanah di Desa Lemahputih, Brati, Grobogan.
Mahasiswa KKN Undip 2021, Afif Khoirul Huda melakukan dmeonstrasi alat pengukur kelembapan tanah di Desa Lemahputih, Brati, Grobogan. (Istimewa)

Sebaliknya, jika bakau tersebut ditanam pada daerah yang mempunyai kelembaban yang rendah maka bakau tersebut tidak akan berproduktifitas dan berkembang secara maksimal.

Maka dengan hal tersebut, mahasiswa Teknologi Rekayasa Otomasi Undip yang sedang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Lemahputih membuat alat pengukur kelembapan tanah berbasis arduino uno untuk mengetahui kelembapan tanah yang ada pada tanamannya.

Alat tersebut terdiri dari beberapa komponen : arduino uno, Sensor soil moisture, LCD, dan kabel jumper.

Cara Kerja:

Menentukan lahan yang akan diidentifikasi,

Mengambil sampel tanah yang telah ditentukan,

Menancapkan soil tester pada titik – titik, tunggu 3 – 5 menit,

Membersihkan soil tester dengan air / tissue sebelum ditancapkan pada titik yang lain,

Apabila tanah yang akan ditancapkan kering ,siram tanah terlebih dahulu dengan air,

Mencatat hasil pada lembar kerja.(*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved