Breaking News:

Berita Batang

Gagal di Tahap Satu, 300 Nakes di Batang akan Ikut Vaksinasi di Tahap Dua

Pelaksanaan Vaksinasi tahap II untuk nakes di Kabupaten Batang dimulai hari ini, Senin (8/2/2021). 

Penulis: dina indriani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Dina Indriani
Kepala Dinkes Batang, dr Muchlasin usai vaksinasi tahap dua di RSUD Kalisari Batang, Senin (8/2/2021) 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Pelaksanaan Vaksinasi tahap II untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, dimulai hari ini, Senin (8/2/2021). 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, dr Muchlasin mengatakan sama dengan tahap sebelumnya, sasaran tahap kedua ini sebanyak 2.448 nakes yang akan menerima vaksin.

"Sasarannya masih sama, dimulai hari ini semua, kecuali Klinik Dokkes Polres Batang dan Klinik Pratama 36 Batang dimulai besok, karena sasarannya sedikit," tutur dr Muchlasin.

Dia mengatakan pada vaksinasi tahap dua ini sebanyak 300 nakes yang gagal di tahap satu akan diikutkan.

"Sekitar 300 tenaga kesehatan belum divaksin di tahap satu karena ada yang ditunda 126 orang, batal vaksin 248 orang, akan discreening ulang dan ikut di tahap dua ini, kalau belum lolos akan ikut lagi di vaksinasi selanjutnya bersama pejabat publik akhir februari,”ujarnya.

Sementara bagi tenaga kesehatan yang belum mendapatkan e-tiket dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kementerian Kesehatan akan didaftarkan pihak Dinkes Batang. 

“Yang belum masuk ke sistem satu data Kemenkes, nanti kita masukan karena harapannya semua nakes mendapatkan vaksin,” jelasnya. 

Dia menjelaskan vaksin yang didistribusikan oleh Pemerintah Provinsi Jateng sebanyak 4.920 dosis yang diperuntukan untuk vaksinasi tahap satu dan tahap dua cukup di Kabupaten Batang.

"Alhamdulillah untuk jumlah vaksin sendiri mencukupi, di Batang tidak ada kekurangan," ujarnya.

Dokter Muchlasin menambahkan dari evaluasi tahap pertama tidak ada efek samping yang berat, vaksinasi juga dilakukan di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) untuk meminimalkan timbulnya kecemasan.

“Efek dari vaksinasi kemarin memang ada yang merasakan efek samping ringan, seperti sedikit pusing dan mengantuk, tapi alhamdulillah tidak mengakibatkan masalah lain,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved