Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Semarang Olah Terong Belanda Jadi Keripik Bermacam Rasa

Kegiatan dilaksanakan bersama warga di Dusun Siterus & Dusun Sikunang, Desa Sikunang, Kecamatan Kejajar , Kabupaten Wonosobo.

IST
Mahasiswa KKN Tematik Tim VII Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro 2021, Oktaviani Kusuma Wardani melakukan sosialisasi pemanfaatan Terong Belanda sebagai Keripik bersama warga di Dusun Siterus & Dusun Sikunang, Desa Sikunang, Kecamatan Kejajar , Kabupaten Wonosobo. 

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - Salah satu mahasiswa KKN Tematik Tim VII Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro 2021 melakukan sosialisasi pemaparan program kerja mengenai pemanfaatan Terong Belanda sebagai Keripik.

Kegiatan dilaksanakan bersama warga di Dusun Siterus & Dusun Sikunang, Desa Sikunang, Kecamatan Kejajar , Kabupaten Wonosobo.

Kegiatan sosialisasi program kerja yang dilaksanakan oleh Oktaviani Kusuma Wardani, mahasiswa Jurusan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Sekolah Vokasi, Undip dengan dibimbing oleh dosen pembimbing Fahmi Arifan dan Wisnu Broto.

Oktaviani mengatakan, dampak dari pandemi Covid-19 menyebabkan Usaha Mikro di Desa Sikunang mengalami penurunan.

Salah satu anjuran pemerintah untuk melakukan PSBB di berbagai daerah berdampak pada perekonomian UMKM di Desa Sikunang yang menurun hingga 50 persen.

“Maka saya memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pemanfaatan terong Belanda sebagai Keripik dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan menjadi komoditas utama di Desa Sikunang,” katanya, Minggu (7/2/2021).

Ia mengungkapkan, dari hasil penelitian, Terong Belanda memiliki serat yang bisa menstabilkan kadar gula darah.

Rasa Terong Belanda yang masam menyebabkan banyak orang awam tidak tertarik. Maka dari itu, ia berinovasi membuat keripik dari terong Belanda dengan membuat berbagai macam rasa seperti, jagung, balado, barbeque, dan keju serta original.

“Diharapkan masyarakat Desa Sikunang dengan program inovasi produk Keripik Terong Belanda berbagai macam variasi rasa dapat digunakan untuk kalangan sendiri,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, dapat dibagikan ke masyarakat sekitar dan dapat membantu perekonomian masyarakat di Desa Sikunang.

“Kedepan diharapkan produk ini menjadi ciri khas di Desa Sikunang selain terong belanda yang biasanya dimanfaatkan menjadi Sirup dan Selai,” ungkapnya.(*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved