Breaking News:

Berita Karanganyar

Vaksinasi Tahap Kedua di Karanganyar Dilakukan pada Akhir Februari 2021

Vaksinasi tahap kedua di Kabupaten Karanganyar direncanakan dilakukan pada akhir bulan ini. 

Istimewa
Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat menerima dosis vaksin kedua pada vaksinasi tahap pertama di Puskesmas Karanganyar, Senin (8/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Vaksinasi tahap kedua yang menyasar petugas pelayanan publik, dan tokoh di Kabupaten Karanganyar direncanakan dilakukan pada akhir bulan ini. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Purwati menyampaikan, belum mengetahui berapa jumlah dosis vaksin yang diterima Kabupaten Karanganyar untuk vaksinasi tahap kedua. 

Vaksinasi tahap kedua akan menyasar petugas pelayanan publik seperti TNI-Polri, dan para tokoh. Namun lanjutnya, tidak menutup kemungkinan pedagang pasar juga akan menerima vaksinasi. 

"Ini kan nunggu, kita belum tau dapat berapa. Yang jelas tahap kedua rencananya pekan ketiga. Yang jelas kita diminta menyiapkan data dulu. Sasarannya petugas pelayanan publik, tokoh dan pedagang pasar. Kalau pedagang pasar tidak semua kabupaten, baru dua kabupaten (di Jateng) dulu," katanya kepada Tribunjateng.com, Senin (8/2/2021).

Sedangkan penyuntikan kedua untuk vaksinasi tahap pertama mulai dilakukan hari ini. Purwati menuturkan, penyuntikan pertama ada sebanyak 2.626 nakes yang sudah menerima vaksin dari total 3.869 nakes. 

"Saat ini progresnya sekitar 68 persen. Yang tunda ada 132, yang batal ada 435 orang. Itu karena penyintas, komorbit, masuk kategori eksklusi," ucapnya. 

Dia menjelaskan, dari jumlah total nakes yang terdaftar untuk menerima nakes memang beberapa belum ada yang mendapatkan e-tiket.

Sehingga untuk mempercepat program vaksinasi, para nakes tersebut dapat divaksin terlebih dahulu tanpa harus mendapatkan e-tiket. Selanjutnya, pasca divaksin mereka lantas diminta untuk mendownload di aplikasi yang sudah ada untuk mendapatkan e-tiket. 

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, tidak merasakan gejala apa-apa usai menerima penyuntikan vaksin untuk kali kedua. 

"Hari ini saya divaksin kedua. betul-betul tidak ada apa-apa (gejala)," jelasnya. 

Selanjutnya, petugas dinas kesehatan akan melakukan pendataan bagi penerima vaksin pada vaksinasi tahap kedua. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved