Breaking News:

Berita Pemalang

Banjir Lumpur Lereng Gunung Slamet Dipicu Hujan Deras wilayah Pemalang Selatan

Hujan deras di Pemalang Selatan memicu banjir lumpur di wilayah lereng Gunung Slamet, belum lama ini.

TRIBUNJATENG.COM, PEMALANG - Intensitas hujan tinggi yang masih akan mengguyur Kabupaten Pemalang membuat warga yang mendiami lereng Gunung Slamet resah. 

Pasalnya, Senin (8/2) lalu, terjadi banjir lumpur di Lereng Gunung Slamet, yang disebabkan hujan lebat di wilayah Pemalang selatan. 

Meski tidak ada korban jiwa, namun kondisi itu membuat resah warga, karena berdasarkan informasi BMKG wilayah tersebut masih akan di guyur hujan lebat beberapa hari ke depan. 

Sutrisna, Kepala Desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari, Pemalang, yang ada di lereng Gunung Slamet, saat dihubungi Tribunjateng.com membenarkan adanya banjir lumpur di lereng Gunung Slamet. 

Pendakian Gunung Slamet via Bascamp Dipajaya Pemalang Ditutup Sementara 

"Benar telah terjadi banjir lumpur, kemungkinan karena ada longsor di lereng Gunung Slamet," katanya, Selasa (9/2/2021).

Dilanjutkannya, hal itu membuat sungai di wilayah Desa Nyalembeng keruh dan dipenuhi lumpur. 

"Tapi Alhamduliah tidak ada korban, namun warga tetap resah jika terjadi kejadian serupa," paparnya. 

Sementara itu, Ari penjaga pos pendakian Gunung Slamet di Dukuh Dipajaya, Desa Clekatakan, menjelaskan, kemungkinan longsor terjadi di pos 3 jalur pendakian Gunung Slamet

"Kemungkinan material longsor terbawa air karena hujan lebat, alhasil banjir lumpur mirip seperti lahar dingin," terangnya. 

Terpisah, Aris Raharjo Staf Kecamatan Pulosari, mengatakan banjir lumpur sempat terjadi di Sungai Gintung di sisi timur Desa Nyalembeng. 

"Namun sekarang sekarang sudah aman, tapi jika intensitas hujan tinggi kembali mungkin akan terjadi banjir lumpur lagi," tambahnya.

(*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE : 

Penulis: budi susanto
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved