Banjir Pekalongan

Dirikan Dapur Umum, Anggota Kodim 0710 Pekalongan Masak Nasi untuk Ribuan Korban Banjir

Dandim menjelaskan dapur umum tersebut akan beroperasi dan siaga 24 jam agar kebutuhan makanan bagi korban banjir dapat tercukupi

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Kodim 0710 Pekalongan mendirikan dapur umum untuk menyiapkan makanan bagi pengungsi korban banjir di daerah Kota Pekalongan.

Dapur umum Kodim 0710 berada di Koramil 07 Kecamatan Pekalongan Utara.

Komandan Kodim 0710 Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan mengatakan, dapur umum Kodim 0710 berada di Koramil 07 Kecamatan Pekalongan Utara.

"Dapur umum yang berada di Koramil Utara ini sudah didirikan sudah 9 hari ini," kata Dandim 0710 Pekalongan Letkol Czi Hamonangan kepada Tribunjateng.com, Selasa (9/2/2021).

Dandim menjelaskan dapur umum tersebut akan beroperasi dan siaga 24 jam agar kebutuhan makanan bagi korban banjir dapat tercukupi.

"Kota Pekalongan sudah menetapkan status tanggap darurat banjir, semoga adanya dapur ini bisa membantu korban banjir," jelasnya.

Menurutnya, dapur ini yang masak anggota TNI dan membungkus makanan di dapur umum tersebut.

Kemudian menyalurkan ke tempat pengungsian serta warga terdampak banjir.

"Setiap hari kami membagikan nasi sebanyak 3.700 nasi bungkus, nasi bungkus ini dibagiman di wilayah Kecamatan Pekalongan Utara. Karena, berdasarkan koordinasi dengan Pemkot dapur umum kodim menyalurkan di wilayah utara," ujarnya.

Pihaknya mengungkapkan, walaupun dapur umum Koramil Kecamatan Utara juga terendam banjir sampai ketinggian 30 cm, anggotanya tetap semangat memasak nasi untuk masyarakat.

"Banjir bukan halangan bagi kami, karena di luar sana masih banyak masyarakat lebih parah terdampak banjir dan sangat memerlukan dapur umum ini. Apapun kondisinya dapur umum, kami tetap bekerja pagi, siang, dan malam," ungkapnya.

Dandim menambahkan, selain membangun dapur umum untuk korban terdampak banjir, prajurit TNI juga telah ditempatkan di sejumlah lokasi banjir untuk membantu warga.

Sementara itu, Basari (42) warga RT 7 RW 10, Kampung Gandengsari, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara mengatakan ia mendapatkan bantuan nasi bungkus dari Kodim baru pertama ini.

"Sehari sekali dapat bantuan dari kodim, tapi rencana akan diberikan bantuan 3x dalam sehari sama dapur umum," kata Basari.

Ia mengungkapkan, dapat bantuan nasi bungkus ini sebanyak 202 nasi.

"Semua wilayah kecamatan utara terdampak, bahkan akses jalan lumpuh semua," ungkapnya. (Dro)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved