Breaking News:

Berita Temanggung

Dosis Kedua Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Temanggung Mulai Disuntikkan

Dosis kedua vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Temanggung mulai disuntikkan pada, Selasa (9/2/2021).

TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Bupati Temanggung M Al Khadziq menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama, Selasa (9/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Dosis kedua vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Temanggung mulai disuntikkan pada, Selasa (9/2/2021).

Bupati Temanggung M Al Khadziq menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama, Selasa (9/2/2021).
Bupati Temanggung M Al Khadziq menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama, Selasa (9/2/2021). (TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM)

Sasarannya 3.015 orang, baik dari kalangan tenaga kesehatan, pendukung tenaga kesehatan, jajaran pejabat tinggi yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), serta perwakilan dari tokoh agama dan budayawan.

Pada penyuntikan vaksin dosis ke dua ini, jajaran pejabat tinggi Temanggung meliputi Bupati Temanggung M Al Khadziq, Kapolres, Dandim, Kajari, Sekda hingga Ketua DPRD berhasil dilakukan vaksinasi. Mereka lolos dari proses screening dari keluhan hipertensi hingga penyakit lainnya sebagaimana kendala yang dialami pada penyuntikan dosis pertama. 

Bupati Temanggung, M Al Khadziq mengatakan, pihaknya mengaku lega lantaran pejabat tinggi Temanggung sudah bisa dilakukan vaksinasi Covid-19. 

Katanya, pasca dilakukan vaksinasi, tidak timbul gejala yang menonjol hingga 30 menit observasi. Selanjutnya, Khadziq berharap kepada semua masyarakat Temanggung agar menyiapkan diri manakala jatah vaksin telah sampai ke sasaran warga. 

"Forkompimda Temanggung sudah divaksinasi semua, jam 09.30 tadi berjalan lancar. 30 menit diobservasi, lancar. Nanti segera diselesaikan agar bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya," terangnya usai divaksin.

Kepala Dinas Kesehatan, Suparjo menambahkan, dari total sasaran 3.015 orang, sebanyak 400-an orang tidak bisa divaksin karena masuk kategori penyintas, hamil, dan menyusui yang masuk kategori inklusi. 

"Pemberian dosis pertama kemarin, prosentase pencapaian vaksinasi capai 72 persen. Dari total 2.780 sasaran yang mendapatkan e-ticketing vaksin, tercapai 2.180 orang yang sudah tervaksin. Sisanya tertunda, dilanjutkan vaksinasi kali ini. Seperti pak Bupati dan lainnya," terangnya di Pendopo Pengayoman.

Kata Suparjo, bagi yang baru dilakukan penyuntikan dosis pertama, akan dilakukan penyuntikan dosis kedua selang 14 hari.

Terkait nakes yang positif Covid-19 pasca dilakukan vaksinasi, Suparjo menegaskan, hingga saat ini belum ada laporan. Secara teoritis, katanya, bagi orang yang telah dilakukan vaksinasi dan tidak terjadi efek samping serius, 92 persen bakal terbentuk antibodi.

"Namun masih ada 8 persen kemungkinan bisa saja terpapar. Alhamdulillah saat ini aman," tuturnya. (*)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved