Breaking News:

Berita Semarang

Dua Hari Pasca Jateng di Rumah Saja, Harga Bahan Pangan Terpantau Naik

Dua hari pasca pelaksanaan Jateng di Rumah Saja, harga bahan pangan terpantau mengalami peningkatan.

Penulis: Ruth Novita Lusiani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Ruth Novita Lusiani
Aktivitas berbelanja masyarakat di Pasar Bandarjo Ungaran, Selasa, (9/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dua hari pasca pelaksanaan Jateng di Rumah Saja, harga bahan pangan terpantau mengalami peningkatan. Berdasarkan pantauan Tribun Jateng, beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan harga diantaranya seperti bawang merah, cabai, dan telur. 

Muslihatun, satu diantara pedagang di Pasar Peterongan Semarang menuturkan dalam kondisi saat ini beberapa harga di pasar rata-rata terpantau mengalami kenaikan. 

“Sudah dari kemarin Senin, (8/2/2021) harga bahan pangan mengalami peningkatan, hari ini pun masih naik. Selain karena dua hari lalu sempat libur, menurut saya harga naik ini juga dipengaruhi karena adanya musim penghujan, jadi hasil panennya kurang maksimal,” ujar Muslihatun kepada Tribun Jateng, Selasa, (9/2/2021). 

Beberapa bahan pangan di lapak milik Muslihatun yang terpantau mengalami kenaikan harga, diantaranya seperti komoditas bawang merah yang berada di angka Rp 32 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp 28 ribu per kilogram. 

Komoditas cabai keriting juga masih terpantau mengalami peningkatan, dimana saat ini berada di angka Rp 70 ribu per kilogram, dari beberapa waktu yang lalu sempat menyentuh sekira Rp 35 ribu per kilogram, untuk cabai rawit merah berada di angka Rp 100 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp 50 ribu per kilogram. 

“Untuk harga telur juga mengalami kenaikan, kalau di lapak saya harganya Rp 25 ribu per kilogram, dari sebelumnya minggu lalu berada di angka Rp 22 ribu per kilogram,” jelasnya. 

Menurutnya dengan adanya kenaikan harga ini, daya beli masyarakat tetap stabil. “Kalau untuk daya beli tetap stabil, namun ada beberapa konsumen yang memilih untuk mengurangi jumlah pembeliannya saja karena harganya kan sekarang rata-rata sedang tinggi,” imbuhnya. 

Hal yang sama juga terjadi pada harga bahan pangan di Pasar Bandarjo Ungaran. Driah satu diantara pedagang di Pasar Bandarjo, juga mengatakan bahwa selama dua hari terakhir ini harga bahan pangan rata-rata mengalami kenaikan. 

“Harga bahan pangan di Pasar Bandarjo saat ini rata-rata sedang naik, bahkan karena situasinya sedang musim penghujan seperti ini, ada juga bahan pangan yang stoknya tidak banyak,” ucap Driah. 

Adapun di lapak milik Driah, harga bawang merah saat ini berada di angka Rp 25 ribu per kilogram, naik dari sebelumnya Rp 23 ribu per kilogram, sementara harga bawang putih juga mengalami kenaikan di angka Rp 27 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram. 

Untuk harga cabai keriting juga mengalami kenaikan, dimana saat ini berada di angka Rp 70 ribu per kilogram, dari sebelumnya Rp 60 ribu per kilogram, sedangkan harga cabai rawit merah berada di angka Rp 80 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 65 ribu per kilogram. 

“Bahkan dalam kondisi saat ini, harga kangkung juga naik, dimana sebelumnya harganya Rp 4 ribu per ikat, sekarang naik Rp 5 ribu per ikat,” terangnya. 

Tak jauh dari lapak Driah, Siti juga menuturkan harga bawang merah di lapak miliknya juga naik. Adapun harga bawang merah kini naik menjadi Rp 30 per kilogram, dari sebelumnya sekira Rp 28 ribu per kilogram. (*)

--

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved