Breaking News:

Berita Batang

Gugah Semangat Berwirausaha, Podcast Bincang Batang Tampilkan Pelaku UMKM Inspiratif

LPPL Radio Abirawa 104,9 FM menghadirkan podcast “Bincang Batang" menayangkan pelaku UMKM.

TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Wakil Bupati Batang Suyono saat membuka Bintek SPIP di Aula Kantor Bupati setempat, Senin (4/11/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Abirawa 104,9 FM menghadirkan podcast “Bincang Batang" menayangkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah sukses tak lain untuk menginspirasi masyarakat Batang makin kreatif dan inovatif.

Program tersebut diinisiasi oleh para kru Radio Abirawa FM dan Media Center yang didukung sepenuhnya oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batang Triossy Juniarto, sebagai realisasi dari arahan dari Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Suyono yang mengharuskan tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melahirkan inovasi dengan keunikan masing-masing.

“Untuk Diskominfo memunculkan inovasi berupa podcast, yang saat ini diawali oleh Radio Abirawa FM, dan tayang tiap Senin pukul 10.00-11.00 WIB,” tutur Kepala Diskominfo Batang, Triossy Juniarto, Senin (8/2/2021).

Dia mengatakan untuk ke depan podcast juga dimungkinkan akan disiarkan secara langsung di tempat-tempat strategis yang sesuai untuk melakukan perbincangan ringan, dengan mengundang tokoh-tokoh inspiratif lainnya.

“Tujuan utamanya bisa memunculkan inspirasi-inspirasi baru bagi warga Batang, secara global nantinya podcast akan mengundang tokoh UMKM, pengusaha menengah maupun besar, tokoh pemuda, tokoh agama, pimpinan daerah serta organisasi kemasyarakatan,” ujarnya.

Triossy menjelaskan salah satu contoh, podcast dapat menghadirkan tokoh-tokoh pemuda yang menjadi pelopor dalam hal positif dan inovatif baik yang ada di desa atau kecamatan se-Kabupaten Batang.

“Bentuknya bisa siaran langsung, bisa siaran tunda dan bisa juga disiarkan di luar ruangan, kita sesuaikan dengan tema yang diangkat,”jelasnya.

Triossy mengimbau, bagi generasi milenial untuk mengikuti perkembangan media informasi yang berbasis digital yaitu podcast sebagai inovasi Diskominfo. 

Tayangannya membahas obrolan-obrolan ringan, yang dikemas berbentuk edutainment.

“Banyak hal yang menginspirasi kita semua, bagaimana cara membantu pemerintah daerah membangun Kabupaten Batang sesuai kemampuan dan keahlian masing-masing,” imbuhnya.

Narasumber perdana dalam tayangan podcast, adalah Nur Faisal Edi Nugroho, pemilik usaha pembuatan jam tangan berbahan dasar kayu “OWA Watch” dari Desa Subah, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang.

Ia mengapresiasi program podcast ini dapat memotivasi pelaku UMKM di Kabupaten Batang supaya tetap memiliki semangat berkarya, meski di tengah kondisi pandemi Covid-19 atau kesulitan apapun. 

“Yakin dan optimislah bahwa ketika menciptakan sebuah karya yang bisa dipertanggungjawabkan dengan kualitas yang baik, Insya Allah secara tidak langsung pasar akan mengakui produk hasil karya dengan nominal yang sesuai,” pungkasnya. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved