Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Hand Wash Timer Otomatis Berbasis Mikrokontroller

Diharapkan dengan adanya modul pembuatan kedua alat ini dapat memudahkan masyarakat untuk membuat hand wash timer dan hand sanitizer nir-kontak otomat

IST
Penyerahan Hand Wash Timer dan Hand Sanitizer Otomatis kepada Ketua RT 02 / RW 02, Kelurahan Bulusan. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Hingga kini, kasus positif Corona masih terbilang tinggi, termasuk di Kelurahan Bulusan, Tembalang, Kota Semarang.

Sudah ada 3 warga yang positif terpapar Covid-19.

Hal ini tentunya harus segera ditangani dengan menekan penyebaran Virus Corona yang kian hari semakin meningkat jumlah kasusnya.

Menurut mahasiswa KKN Tim I Undip 2021, Ryan Maulana, kondisi warga kelurahan Bulusan dirasa masih kurang mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 yang sudah dikeluarkan pemerintah.

Seperti masih banyaknya warga yang belum sadar untuk mencuci tangan setelah beraktivitas dan fasilitas tempat cuci tangan yang tersedia pun berisiko menyebarkan virus Corona karena masih belum menggunakan sistem nir-kontak.

Berdasarkan latar belakang tersebut, untuk mengurangi potensi penularan Covid-19 melalui kontak fisik benda, mahasiswa KKN Tim I Undip, Prodi Teknik Elektro, Ryan Maulana berinisiatif mengaplikasikan ilmunya kepada masyarakat.

Dia membuat teknologi nirkontak melalui suatu produk hand wash timer dan hand sanitizer nir-kontak otomatis berbasis mikrokontroller.

Tampilan produk Hand Wash Timer (kanan) dan Hand Sanitizer (kiri) Nir-Kontak Nir-Kontak Otomatis Berbasis Mikrokontroller.
Tampilan produk Hand Wash Timer (kanan) dan Hand Sanitizer (kiri) Nir-Kontak Nir-Kontak Otomatis Berbasis Mikrokontroller. (IST)

“Hand Wash Timer dan Hand Sanitizer nir-kontak otomatis ini dilengkapi dengan petunjuk pemakaian dan modul pembuatan,” kata Ryan Maulana, Senin (8/2/2021).

Diharapkan dengan adanya modul pembuatan kedua alat ini dapat memudahkan masyarakat untuk membuat hand wash timer dan hand sanitizer nir-kontak otomatisnya sendiri.

Alat ini terdiri 8 komponen elektronik utama yang terdiri dari mikrokontroller arduino nano, sensor ultrasonik, lampu LED berwarna, aktuator motor servo SG-90, baterai AA, proto board, kabel jumper dan saklar on-off.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved