Breaking News:

Berita Demak

Pemkab Demak Luncurkan Sedeb, Wujudkan Demak Sejahtera dengan Sadar Data

Pemkab Demak gelar peluncuran Super Eksekutif Demak Database (SEDEB), Selasa (9/2/2021).

TRIBUNJATENG/YUNANSETIAWAN
Pemerintah Kabupaten Demak melaksanakan peluncuran Super Eksekutif Demak Database (SEDEB), Selasa (9/2/21) di Gedung Gradika Bina Praja. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK –  Pemerintah Kabupaten Demak melaksanakan peluncuran Super Eksekutif Demak Database (SEDEB), Selasa (9/2/21) di Gedung Gradika Bina Praja. SEDEB merupakan sistem berbasis excel yang digunakan lembaga eksekutif daerah untuk mengambil keputusan dan kebijakan sebagai Executive Information System (EIS) dan Decision Support System (DDS). 

Kepala Dinas Kominfo Demak Endah Cahyarini menyampaikan, SEDEB memiliki sembikan kluster meliputi Ekonomi Makro, Keuangan Daerah, Kesejahteraan, Kesehatan, Ekonomi Wilayah, Pendidikan, Perumahan, Infrastruktur serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Pada 9 cluster terdapat 16 dashboard dan  setiap dashboard dilengkapi sistem filter dimana kita dapat memilih variable seperti yang kita inginkan," kata Endah.

“Contohnya pada kluster Kesejahteraan terdapat beberapa kolom informasi seperti jumlah penduduk terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), jumlah penduduk berdasarkan usia dan gender, kartu keluarga sejahtera, kelompok usaha bersama, Bantuan Siswa Miskin Daerah (Basimda), Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)”, ungkapnya.

Lebih lanjut Endah menjelaskan, dalam informasi kesejahteraan menggunakan data gabungan dari beberapa OPD seperti Dinsos P2PA, Dinkes,  Dingdakop UKM dan Dinperkim. Pada dasbord tersebut bukan hanya angka global yang didapatkan tetapi juga detail informasi hingga by name by address dapat terlihat. 

Dia menambahkan, para pimpinan daerah atau pimpinan OPD dapat melihat tampilan data SEDEB di Command Center.

 “Informasi ini sifatnya lebih privat tidak seperti open data. Yang berhak mengakses data tersebut yakni Kepala OPD dan Pimpinan Daerah”.

Sekda Demak Singgih Setyono inovasi yang dilakukan yang dilakukn Kominfo Demak. sebab melalui Sedeb data dan informasi dapat diperoleh dengan cepat, mudah dan akurat.  

“Dengan demikian jika data dan informasi, tepat, akurat dan cermat maka keputusan-keputusan dan kebijakan yang dibuat Insya Allah akan baik. Itulah awal Demak melompat lebih tinggi. Demak lebih baik dan lebih sejartera untuk kita semua”, ujarnya.

Sementara itu Plh Bupati Demak Joko Sutanto mengajak kepada seluruh OPD dan instansi terkait untuk sadar data,”Ayo kita sadar data karena dengan data kita akan menguasai dunia”, pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved