Breaking News:

Berita Banjarnegara

Punya Peninggalan Sejarah dan Alam yang Menawan, Desa Gumelem Siap Jadi Wisata Andalan Banjarnegara

Ia berharap tahun depan pihaknya bisa membangun jalan itu. Terlebih, daerah itu dinilainya berpotensi jadi wisata andalan Banjarnegara

Istimewa
Marwi Budhi Sarwono, Ketua Tim Penggerak PKK Banjarnegara praktik membatik di Desa Wisata Gumelem, Susukan Banjarnegara, Senin (8/2/2021) 

TRIBUNJATENG.COM - Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mendukung pengembangan Desa Gumelem Wetan dan Gumelem Kulon Kecamatan Susukan menjadi desa wisata unggulan. 

Di kawasan itu, terdapat beberapa peninggalan bersejarah. 

Didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Ny Marwi Budhi Sarwono dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Bupati Sarwono sempat mengunjungi beberapa situs bersejarah, seperti Makam Ki Ageng Giri atau yang lebih sering disebut Girilangan, Makam Sunan Geseng, Masjid Agung kuno, Sentra Batik Tulis, serta Kerajinan Pande Besi. 

“Kami melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan siap melakukan fasilitasi dan pendampingan,” katanya, Selasa (9/2/2021) 

Budhi pun akan mengupayakan pembangunan jalan-jalan menuju destinasi wisata yang masih rusak untuk memudahkan wisatawan berkunjung.
Budhi pun mengaku terenyuh karena masih ada jalan di desa tersebut yang kondisinya kurang layak.

Ia berharap tahun depan pihaknya bisa membangun jalan itu. Terlebih, daerah itu dinilainya berpotensi jadi wisata andalan Banjarnegara. 

Suryanto, pemandu dan pegiat Pokdarwis  Gumelem mengatakan, pihaknya terus melakukan pembenahan desa wisata, guna mendukung program Pemkab Banjarnegara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Ia bersyukur pemerintah kabupaten dan desa telah membangun dan membenahi infrastruktur jalan menuju lokasi wisata, sehingga kendaraan bisa parkir langsung di area wisata. 

Pihaknya juga sedang menyusun strategi untuk menghubungkan beberapa lokasi wisata yang ada di wilayah itu. Sehingga pada 2021 Desa Gumelem siap menjadi salah satu destinasi wisata unggulan berskala nasional.

Desa Gumelem selama ini dikenal sebagai desa budaya yang rutin menggelar beberapa acara budaya semisal Sadran Gede dan Gumelem Ethnic Carnival. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved