Breaking News:

KKN Undip

Atasi Karat dan Cat Kendaraan Pudar Memakai Sampo Ekstrak Daun Api-Api Karya Mahasiswa Undip

Desa Karya Makmur yang terdapat di pesisir pantai, memiliki berbagai jenis pohon mangrove, salah satu diantaranya adalah jenis api-api.

IST
Mahasiswa KKN Undip 2021, Muhammad Aqil Hasani, saat sosialisasi pemanfaatan daun Api-Api yang mengandung tanin sebagai bahan campuran dalam membuat shampoo kendaraan, di Desa Karya Makmur, Labuhan Maringgai, Lampung Timur. 

TRIBUNJATENG.COM, LAMPUNG - Penggunaan kendaraan bermotor, mobil atau yang lainnya bagi sebagian besar orang sudah bukan merupakan barang mewah lagi, bahkan dapat dikatakan penggunaan kendaraan bermotor ialah penunjang dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Tak terkecuali di daerah pesisir pantai seperti Desa Karya Makmur, Labuhan Maringgai, Lampung Timur.

Penggunaan kendaraan bermotor di Desa Karya Makmur banyak digunakan sebagai penunjang transportasi dalam pertanian, berkebun, buruh, nelayan, pedagang, dan lainnya.

“Seperti yang kita ketahui, Desa Karya Makmur terletak di pesisir pantai, sehingga penggunaan kendaraan bermotor harus sangat berhati-hati,” kata mahasiswa KKN Undip 2021, Muhammad Aqil Hasani, Senin (8/2/2021).

Hal ini, lanjutnya, dikarenakan, air laut dapat berdampak buruk terhadap kendaraan yang tidak bisa dianggap remeh.

Kandungan asam yang tinggi pada air laut dan juga adanya pasir dan kotoran lain yang terkandung didalamnya dapat menyebabkan cat kendaraan menurun kualitasnya seperti menguning dan bernoda yang sulit dihilangkan.

Selain itu, air laut juga merusak bagian kendaraan yang berbahan besi seperti kaki-kaki, swing arm ataupun yang lainnya menjadi berkarat.

Untuk mencegah hal-hal tersebut, disarankan untuk selalu mencuci kendaraan dengan sabun untuk mencegah karat dan menurunnya kualitas cat kendaraan.

Desa Karya Makmur yang terdapat di pesisir pantai, memiliki berbagai jenis pohon mangrove, salah satu diantaranya adalah jenis api-api.

Pohon mangrove jenis api-api memiliki banyak kandungan yang berguna, salah satunya yaitu tanin.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved