Breaking News:

Berita Semarang

Banjir Semarang Masih Setinggi Paha, Ganjar Minta BBWS Aktifkan Semua Pompa Air

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memantau sejumlah lokasi di Kota Semarang yang masih tergenang banjir.

Istimewa
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (kanan) berbicara dengan Wakil Wali Kota Semarang saat pantauan banjir di Rumah Pompa Pasar Waru Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memantau sejumlah lokasi di Kota Semarang yang masih tergenang banjir, Rabu (10/2/2021).

Beberapa lokasi yang dipantau antara lain Jalan Gajah Raya, daerah Sawah Besar, Rumah Pompa Pasar Waru dan Jalan Kaligawe.

Saat di Kaligawe atau di bawah jembatan tol, ia menjumpai genangan air masih setinggi paha orang dewasa.

Ganjar juga melihat pompa yang digunakan untuk menyedot genangan air tersebut menggunakan pompa kecil. Ini dinilai tidak optimal untuk mengurangi ketinggian banjir.

Ia pun langsung telepon pejabat Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk meminta agar pompa portabel dipasang.

"Dari pantauan saya, beberapa lokasi sudah mulai surut. Namun beberapa genangan masih ada dan butuh effort (upaya) lebih, seperti di Kaligawe ini. Maka tadi saya telepon BBWS agar dilakukan penambahan pompa portabel," kata Ganjar dikutip dari pernyataan tertulis, Rabu (10/2/2021).

Ganjar juga mengapresiasi kinerja Pemkot Semarang dalam menangani persoalan ini. Saat sidak rumah pompa Pasar Waru, ia bertemu Wakil Wali (Wawali) Kota Semarang.

"Tadi bu wawali juga sedang meninjau lapangan, beberapa aliran tersumbat sehingga harus diturunkan peralatan. Saya minta, jaga titik-titik yang rawan," tegasnya.

Ganjar meminta semua tim bekerja optimal untuk menyelesaikan persoalan ini. Dengan curah hujan ekstrem yang terjadi, maka penanganan banjir tidak bisa dilakukan seperti biasa.

"Saya minta semua pompa ON semuanya. Mumpung tidak hujan, saya minta segera dilakukan percepatan-percepatan," imbuhnya. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved