Breaking News:

KKN Undip

KKN Undip Dampingi Peternak Ayam di Ungaran Bikin Pakan dari Limbah Kulit Kopi

Anand Reyna Maulana berinovasi membuat pakan ternak ayam berbahan dasar limbah kulit kopi.

IST
Anand Reyna Maulana, Mahasiswa KKN Undip Tim 1 saat mendampingi peternak untuk memanfaatkan limbah kulit kopi di Dusun Indrokilo, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Anand Reyna Maulana, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Diponegoro (Undip) Tim 1 di Dusun Indrokilo, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang berinovasi membuat pakan ternak ayam berbahan dasar limbah kulit kopi.

Pasalnya, dalam limbah kulit kopi menurut Anand Reyna Maulana, terdapat nutrisi yang dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak.

Hal tersebut dikarenakan sebagian besar warga Dusun Indrokilo memiliki peternakan ayam dan melihat banyaknya komoditas petani kopi.

“Namun, selama ini pemanfaatan limbah kulit kopi kurang maksimal,” ujar Anand Reyna Maulana, Rabu (10/2/2021).

Ia menjelaskan, setelah musim panen kopi, limbah kulit kopi dikeringkan di bawah paparan sinar matahari selama 3-5 hari.

Setelah kering di haluskan dengan mesin penggiling hingga berupa butiran halus.

Di sisi lain limbah kulit kopi memiliki banyak nilai gizi untuk pakan ternak, antara lain CP 9,94 %, SK 18,17 %, Lemak 1,97 %, Abu 11,28 %, Ca 0,68 %, P 0,20 %, GE 3306 Kkal dan TDN 50,6 % yang sangat baik untuk ayam.

Pada proses pembuatan membutuhkan bahan seperti limbah kulit kopi, tepung kanji, air, dan dedak.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini warga Dusun Indrokilo dapat memanfaatkan limbah kulit kopi dengan baik yang dapat mengurangi limbah kulit kopi serta mendapat nilai jual yang tinggi dengan biaya yang murah untuk memenuhi kebutuhan gizi hewan ternak ayam,” katanya. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved