Breaking News:

KKN UNDIP

Mahasiswa KKN Undip Racik Limbah Biji Nangka Jadi Olahan Makanan Keripik

Mahasiswa TIM I KKN UNDIP 2021, Aqila Yulinda Sani memperkenalkan pemanfaatan limbah biji nangka menjadi olahan makanan.

IST
Mahasiswa KKN UNDIP 2021 saat sosialisasi pemanfaatan limbah biji nangka menjadi olahan makanan keripik pada warga di Dusun Indrokilo, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Mahasiswa TIM I KKN UNDIP 2021, Aqila Yulinda Sani memperkenalkan pemanfaatan limbah biji nangka menjadi olahan makanan yaitu keripik pada warga di Dusun Indrokilo, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Menurut Aqila, hal itu dikarenakan sebagian besar warga Dusun Indrokilo tidak memanfaatkan limbah biji nangka dengan baik dan kebanyakan hanya dibuang.

"Biji nangka memiliki banyak protein. Selain itu, ada vitamin A, vitamin C, vitamin B, karbohidrat, serat, kalsium, seng dan fosfor,” kata Aqila, Rabu (10/2/2021).

Dikatakannya, biji nangka juga dikenal dengan fitonutriennya seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang merupakan antioksidan yang membantu mencegah kanker dan merawat kecantikan kulit.

“Banyak sekali manfaat dari biji nangka tersebut. Namun sayang, banyak masyarakat yang tidak tahu dan membuang biji nangka tersebut sehingga menambah sampah di lingkungan,” ujarnya.

Aqila dan teman-teman mahasiswa KKN Undip telah melaksanakan sosialisasi kepada warga dusun Indrokilo mengenai keripik dari biji nangka.

Warga Dusun Indrokilo sangat antusias saat sosialisasi berlangsung.

Bahan-bahan dari keripik biji nangka ini sangat mudah ditemukan.

Bahan-bahannya antara lain biji nangka, garam, soda kue, minyak goring dan air.

Proses pembuatannya pun mudah membuat warga dusun Indrokilo tertarik untuk memproduksi keripik biji nangka. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved