Breaking News:

Berita Temanggung

Optimis Pertahankan Gelar, Temanggung Maju 10 Besar Penilaian PPD Tingkat Provinsi

Paparan dokumen program terbaik masing-masing kabupaten akan dinilai provinsi untuk diambil yang terbaik maju tingkat nasional

Istimewa
Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021 tingkat Jawa Tengah secara daring, Selasa (9/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Membawa program unggulan Mustika Desa berbasis Tani Pekarangan dan Desa Bebas Sampah, Kabupaten Temanggung maju 10 besar penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021 tingkat Jawa Tengah.

Pemkab Temanggung pun optimis bisa mempertahankan gelar yang disabetnya tahun sebelumnya sebagai juara 1 tingkat Provinsi dan Nasional dengan penilaian yang sama. 

Bupati Temanggung, M Al Khadziq mengatakan, penilaian presentasi PPD tingkat provinsi sudah berlangsung sejak, Selasa (9/2/2021).

Dalam penilaian presentasi, sejumlah inovasi-inovasi program Temanggung termasuk Mustika Desa diwujudkan dalam dokumen perencanaan dan disampaikan untuk dinilai. 

Paparan dokumen program terbaik masing-masing kabupaten akan dinilai provinsi untuk diambil yang terbaik maju tingkat nasional.

"Kami sudah sampaikan unggulan Temanggung adalah program Mustika Desa. Yaitu masyarakat unggul sejahtera dengan tani pekarangan dan desa bebas sampah," terangnya, Rabu (10/2/2021).

Menurut Khadziq, program tani pekarangan dapat meningkatkan kemandirian ekonomi rumah tangga di tengah krisis perekonomian akibat pandemi Covid-19. Sedangkan gerakan Temanggung bebas sampah bakal menjadikan reformasi sosial untuk mengubah pola pikir masyarakat agar hidupnya lebih tertata, bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Juga dimaksudkan untuk mengajak masyarakat agar menghargai dan menjaga kelestarian lingkungan hidup di wilayah Kabupaten Temanggung.

"Inovasi petani pekarangan dan desa bebas sampah saya yakin tidak ada yang lain di Jateng dan di Indonesia. Pemerintah daerah Temanggung punya keberanian untuk melakukan pengorganisasian secara sosial dan terstruktur, masif kepada masyarakat, bergerak bersama dengan tema yang sama," katanya.

Ia optimistis masyarakat Temanggung adalah masyarakat yang hidup positif, berkeinginan untuk maju dan menjadi masyarakat yang tertata. 

"Saya yakin dengan program ini bisa diikuti oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Temanggung. Nantinya bisa dinilai sengan indikator-indikator penilaian dapat mendukung perbaikan ekonomi dan reformasi sosial untuk Kabupaten Temanggung," ujarnya.

Kepala Bappeda Temanggung Ripto Susilo menambahkan, Kabupaten Temanggung mendapatkan kursi 10 besar maju tingkat provinsi usai penilaian tahap II PPD 2021.

Kata Ripto, Temanggung didampingi 9 kabupaten atau kota lain, di antaranya Kota Semarang, Kota Magelang, Kota Surakarta, Rembang, Pati, Banyumas, dan Kabupaten Magelang.

"Di masa pandemi ini, penilaian tahap II PPD 2021 presentasi dan wawancara diselenggarakan melalui daring. Tim penilainya independen dari sejumlah pakar perguruan tinggi di Jawa Tengah," terangnya. (Sam)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved