Breaking News:

Berita Kesehatan

12 Penyebab Karies Gigi yang Perlu Diwaspadai 

Karies gigi sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Kondisi ini paling sering terjadi akibat kebersihan gigi yang buruk

tribun jateng/hermawan handaka
MENGGOSOK GIGI - Rutin menggosok gigi yang dilakukan sejak anak punya gigi bisa mencegah gigi gigis atai karies. Model: Jahsy Villanova Arundati. 

TRIBUNJATENG.COM – Karies gigi atau sering disebut gigi berlubang adalah erosi pada permukaan gigi yang disebabkan oleh efek gabungan bakteri, asam, plak gigi, dan karang gigi.

Karies gigi sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Kondisi ini paling sering terjadi akibat kebersihan gigi yang buruk.

Karies gigi biasanya tidak menimbulkan rasa sakit pada awalnya, tetapi bisa menjadi menyakitkan jika menyebar ke saraf atau akar gigi.

Jika tidak ditangani, karies gigi dapat berkembang menjadi abses gigi, yang merupakan kondisi yang lebih menyakitkan dan berpotensi serius.

Karies gigi sering kali dapat dicegah dengan menjaga kebersihan gigi, termasuk menyikat dan membersihkan gigi secara teratur.

Karies gigi biasanya tidak memerlukan perawatan medis darurat kecuali jika terasa sakit, tidak merespons obat pereda nyeri yang dijual bebas, atau berkembang menjadi abses gigi.

Arti Mimpi Gigi Lepas Tidak Selamanya Pertanda Kabar Duka, Bisa Jadi Berita Baik

Termasuk Menyikat Gigi Setelah Makan, Ini 5 Hal Sederhana yang Bisa Merusak Gigi anda

Perawatan termasuk menghilangkan bahan yang membusuk dengan bor dan mengisi lubang yang dihasilkan dengan bahan gigi yang stabil.

Seseorang dianjurkan untuk mencari perawatan medis segera jika mencurigai mengalami karies gigi, mengalami sakit gigi yang berlangsung lebih dari beberapa hari, atau jika sakit gigi tidak dapat dikendalikan dengan obat pereda nyeri yang dijual bebas.

Pada umumnya, seseorang tidak akan mengalami gejala yang serius akibat karies gigi.

Gejala yang muncul mungkin termasuk sakit gigi atau kepekaan atau sensitivitas terhadap makanan dan minuman yang panas atau dingin.

Halaman
1234
Editor: muslimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved