Breaking News:

Berita Tegal

Harga Sayuran di Pasar Tradisional di Tegal Stabil, Namun Harga Bawang Merah dan Cabai Naik

Setelah pelaksanaan gerakan Jateng di Rumah Saja, sekarang harga sayuran di pasar tradisional Kabupaten Tegal berangsur turun kembali ke harga normal.

Tribunjateng.com/ Desta
Salah satu pedagang sayuran dan bumbu dapur di Pasar Suradadi Kabupaten Tegal, Zaetun, sedang melayani pembelinya pada Kamis (11/2/2021).  

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Sempat mengalami kenaikan harga yang cukup drastis saat dua hari pelaksanaan gerakan Jateng di Rumah Saja, sekarang harga sayuran di pasar tradisional Kabupaten Tegal berangsur turun kembali ke harga normal. 

Hal ini, seperti yang terpantau di Pasar Suradadi Kabupaten Tegal, pada Kamis (11/2/2021). 

Harga sayuran seperti kubis atau kol, saat ini harga Rp 12 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram.

Wortel saat ini harga Rp 10 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram.

Harga Cabai Setan di Pemalang Bikin Pedagang Kapok Jualan: Yang Beli Rp 2.000 Saya Kasi 3 Biji

Harga Cabai Sragen Masih Tinggi, Ini Penyebabnya

Harga Bawang Merah di Kabupaten Tegal Berangsur Naik, Saat Ini Rp 18 Ribu per Kilogram

Daun bawang saat ini harga Rp 12 ribu per kilogram, sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang sayuran dan bumbu dapur di Pasar Suradadi, Zaetun menuturkan, kenapa harga sayuran terutama kol dan daun bawang naik drastis saat Jateng di Rumah Saja, karena pada momen tersebut mayoritas pedang memilih untuk tidak berjualan.

Sehingga para pedagang yang memutuskan tetap berjualan inisiatif menaikkan harganya.

Tapi setelah gerakan tersebut selesai, atau tepatnya pada hari Senin (8/2/2021) harga sayuran kembali normal seperti biasanya.

"Sekarang kalau harga sayuran kembali turun seperti biasa. Jadi ya naiknya pas dua hari Jateng di Rumah Saja itu. Malah yang harganya sedang naik itu cabai rawit hijau dan bawang merah," ungkap Zaetun, pada Tribunjateng.com, Kamis (11/2/2021).

Zaetun menyebut, harga cabai rawit hijau mengalami kenaikan sudah sebulan terakhir. Saat ini harganya masih di angka Rp 80 ribu per kilogram dari harga biasanya Rp 60 ribu per kilogram.

Cabai rawit setan juga masih mengalami kenaikan harga, dari yang biasanya Rp 60 ribu per kilogram saat ini Rp 80 ribu per kilogram. 

Sedangkan cabai hijau dan merah besar mengalami penurunan harga dari yang biasanya Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu per kilogram saat ini Rp 40 ribu per kilogram.

Harga Cabai Melambung Tinggi, Sambal Buatan Sukirman Tak Pedas Lagi

Pedagang Mulai Resah, Harga Cabai di Batang Tembus Rp 88 Ribu per Kilogram

Harga Cabai di Pemalang Mahal, Ternyata Petani di Lereng Slamet Mulai Menurun

"Bawang merah juga sedang naik lagi harganya, dari Rp 25 ribu per kilogram saat ini Rp 30 ribu per kilogram. Selain beberapa bahan masakan yang sudah disebutkan tadi, harganya normal tidak mengalami kenaikan," ujarnya. 

Sementara itu, Pedagang cabai di Pasar Suradadi, Melly mengatakan, harga cabai di tempatnya juga mengalami kenaikan terutama untuk jenis cabai rawit setan, cabai rawit hijau, cabai biasa, dan cabai campur. 

"Cabai rawit setan di tempat saya harganya saat ini Rp 80 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 60 ribu per kilogram. Cabai rawit hijau Rp 80 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 30 ribu per kilogram, cabai biasa dari Rp 28 ribu per kilogram saat ini Rp 40 ribu per kilogram, dan cabai campur dari harga Rp 60 ribu per kilogram saat ini Rp 72 ribu per kilogram," pungkasnya. (dta) 

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved