Breaking News:

Imlek 2021

Jelang Imlek Harga Kebutuhan Pokok di Banjarnegara Naik

Sejumlah barang kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga menjelang Hari Raya Imlek, 12 Februari 2021.

Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Aktivitas peternak ayam di Kabupaten Banjarnegara 

TRIBUNBANYUMAS. COM, BANJARNEGARA - Sejumlah barang kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga menjelang Hari Raya Imlek, 12 Februari 2021.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UMKM Kabupaten Banjarnegara Agus Haryanto mengatakan, sejumlah kebutuhan pokok yang mengalami lonjakan harga antara lain, telur ayam, daging sapi, dan cabai. 

"Ada beberapa, terutama daging sapi, ada kenaikan Rp 5 ribu, " katanya, Kamis (11/2/2021) 

Agus mengatakan, kenaikan harga daging lebih karena harga hewan ternak sapi yang masih mahal hingga saat ini. Selain itu, kondisi pasar yang masih lesu membuat banyak pedagang menurunkan jumlah pasokannya ke pasar.

Meski demikian, ia memastikan stok daging di pasar masih mencukupi kebutuhan masyarakat. 

"Kenaikan harga daging sapi tidak ada pengaruh dengan Tahun Baru Imlek, " katanya

Adapun musabab kenaikan harga cabai merah besar, ia menilai karena pasokan ke pasar pada musim hujan saat ini menurun. 

Sehingga persediaan komoditas itu di pedagang cederung berkurang. Tetapi, sama halnya daging, ia memastikan persediaan cabai merah besar di Banjarnegara saat ini masih mampu memenuhi kebutuhan pasar.

Telur ayam yang harganya sempat anjlok juga mengalami kenaikan menjelang Imlek. Demikian halnya daging ayam. Tetapi, berbeda dengan komoditas lainnya, kenaikan harga telur dan daging ayam lebih dipicu kenaikan harga pakan atau konsentrat.

Harga telur ayam yang sempat terjun bebas sampai Rp 18 ribu pet kilogram di tingkat peternak, kini sudah mencapai kisaran Rp 22 ribu lebih. Adapun di pasar atau tingkat eceran, harganya bisa lebih melambung. 

Tetapi kenaikan harga telur ayam tak begitu menggembirakan bagi peternak karena mereka harus mereka harus menutup biaya pakan yang mahal. 

"Ini rekor sepanjang sejarah kenaikan harga konsentrat. Dari yang biasanya satu kantong ukuran 50 kilogram Rp 250 ribu menjadi Rp 300 ribu, " katanya

Kendati demikian, dari pantauan pihaknya, harga-harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikkan masih dalam taraf wajar.  Kondisi ini biasa terjadi saat mendekati hari besar seperti menjelang Lebaran, Natal dan kini menyambut Imlek. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved