Breaking News:

Berita Temanggung

Kementerian PUPR Serahkan 4 Proyek Revitalisasi Rp 5,1 Miliar kepada Pemkab Temanggung

Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Cipta Karya Republik Indonesia menyerahkan hasil 4 proyek.

TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Bupati Temanggung menandatangani berita acara serah terima 4 proyek revitalisasi pada 2020 senilai Rp 5,1 miliar, Kamis (11/2/2021) di Pendopo Jenar. 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Cipta Karya Republik Indonesia menyerahkan hasil 4 proyek revitalisasi wisata di Kabupaten Temanggung pada 2020 senilai Rp 5,1 miliar.

Serah terima keempat pengelolaan paket pekerjaan APBN tersebut dilakukan secara virtual pada, Kamis (11/2/2021) di Pendopo Jenar. Meliputi, Revitalisasi Wisata Sirkuit Desa Kedungumpul Kecamatan Kandangan seluas 1,4 ribu meter persegi senilai Rp 1,5 miliar selama 120 hari.

Revitalisasi Wisata Sendang Sengon Desa Banjarsari Kecamatan Ngadirejo dengan luas lahan 1,6 ribu meter persegi senilai Rp 1,19 miliar selama 120 hari. Revitalisasi Wisata Religi Makam Makukuhan Desa Wonosari Kecamatan Bulu luas lahan 1,2 ribu meter persegi senilai Rp 1,18 miliar selama 100 hari.

Dan revitalisasi Wisata Tuk Mulyo Desa Pandemulyo Kecamatan Bulu seluas 1,2 ribu meter persegi senilai Rp 1,18 miliar selama 100 hari.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR RI, Diana Kusumastuti mengatakan, Revitalisasi Wisata Tuk Mulyo Desa Pandemulyo meliputi pekerjaan pendopo, kolam air, gardu pandang, lands cape, wahana tempat main dan parkir, hingga fasilitas umum.

Revitalisasi Wisata Religi Makam Makukuhan Desa Wonosari meliputi pekerjaan lavatory, area parkir, joglo, area bordes, jembatan, plataran makam, hingga akses jalan. Sedangkan revitalisasi Wisata Sendang Sengon Desa Banjarsari meliputi pekerjaan jalan setapak, kolam keceh, fasilitas umum, WPC, hingga taman wisata.

Kata Diana, penataan kawasan yang bersifat cagar budaya hingga ruang terbuka hijau publik, perlu dilakukan untuk mengembangkan potensi kawasan. Juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang berada di sekitarnya.

"Dengan pembangunan-pembangunan ini diharapkan dapat menggerakkan roda ekonomi lokal yang ada di Temanggung melalui sektor pembangunan wisata. Sehingga bisa menggerakkan roda ekonomi nasional," terangnya.

Katanya, tindak lanjut pengembangan revitalisasi kawasan diharapakan dapat menjadi magnet pengunjung. Adanya pembangunan sarana dan prasaran yang memadahi dimaksudkan untuk memberikan ruang bagi pengunjung merasa aman, nyaman, sehat, dengan akses yang semakin mudah.

Ia juga berharap agar empat proyek yang telah terlaksana di Temanggung bisa berdampak pada aspek pariwisata. Dengan catatan, perlu diperhatikan, dirawat dan dikelola dengan baik agar bermanfaat bagi masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved