Breaking News:

Berita Batang

Pemkab Batang akan Anggarkan Rp 3,5 Miliar Perbaiki Jembatan Peturen Warungasem

Warga mengeluhkan retaknya pondasi jembatan peturen Warungasem, Kabupaten Batang.

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Warga mengeluhkan retaknya pondasi jembatan peturen Warungasem, Kabupaten Batang.

Mereka khawatir akan terjadi hal yang tidak diinginkan jika tidak segera diperbaiki, apalagi usia jembatan juga sudah cukup lama sekitar 30 tahunan.

Mendengar keluhan warga terkait jembatan tersebut, Bupati Batang Wihaji bersama forkopimda dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meninjau secara langsung, Kamis (11/2/2021).

"Dari hasil laporan dan saya melihat langsung pondasinya memang retak, jembatan ini usianya sudah di atas 30 tahun jadi harus diganti, juga dilinyasi berbagai kendaraan," tutur Bupati Wihaji usai tinjauan.

Wihaji mengatakan untuk sementara tindakan darurat yang dilakukan yakni dengan pembatasan berkala kendaraan yang lewat.

"Karena tahun ini belum ada anggaran perbaikan jembatan, maka usul dari Pak Kapolres nanti ada pembatasan kendaraan yang lewat," ujarnya.

Dia menjelaskan pembatasan kendaraan yang dimaksud yakni di atas sekitar sekian ton direkomendasi tidak lewat dulu seperti truk trailer, tapi truk kecil bisa lewat. 

"Karena tadi saya lihat truk lewat pengangkut pasir jembatanya ada geteran sedikit, takutnya ambruk," imbuhnya.

Untuk perbaikan, karena jembatan peturen merupakan akses vital masyarakat makan tahun 2022 diprioritaskan untuk diganti.

“Semoga saja tidak ada yang lebih darurat sehingga tahun 2022 bisa dibangun, karena Feasibility study (FS) sudah ada anggarannya mencapai Rp3,5 miliar, tinggal lihat kemampuan keuangan daerah sekaligus prioritas," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: dina indriani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved