Breaking News:

Berita Video

Video Robot Penyemprot Disinfektan Siswa MTs Asal Pati Juarai Lomba Robotik Nasional

Dua siswa kelas VIII MTs Manahijul Huda Pati berhasil memenangkan lomba robotik tingkat nasional dengan karya robot penyemprot disinfektan.

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Berikut ini video robot penyemprot disinfektan siswa MTs asal Pati juarai lomba robotik nasional.

Dua siswa kelas VIII MTs Manahijul Huda, Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, berhasil menorehkan prestasi membanggakan di ajang tingkat nasional.

Dengan robot disinfektan kreasi mereka, M Thorif Globalian Nazal (13) dan Nadinia Kirani Pertiwi (13) berhasil meraih Juara 2 Kategori Kreatif dalam ajang Madrasah Robotic Competition (MRC) 2020 yang diadakan oleh Kementerian Agama.

Dengan pendampingan dari guru pembimbing Akhlis Hiqmatun Munawaroh, mereka menciptakan robot penyemprot disinfektan dengan nama Rodiva (Robot Disinfeksi Virus Corona).

Hiqmatun menjelaskan, mulanya kedua anak didiknya yang mengikuti ekstrakurikuler robotik itu mencetuskan ide untuk membantu penyemprotan disinfektan di sekolah.

“Mereka bertanya ke guru pembimbing, bagaimana kalau kita berinovasi membuat alat yang bisa membantu penyemprotan disinfektan pada masa pandemi ini.

Akhirnya dibuatlah Truk Rodiva ini,” jelas dia.

Ketika ada informasi lomba mengenai MRC 2020, tanpa pikir panjang pihaknya langsung mengikutkan hasil inovasi ini.

Dari total 250 peserta, tim robotik MTs Manahijul Huda yang bernama “Joglo Warrior” berhasil meraih juara kedua kategori kreatif.

“Waktu babak sembilan besar, awal Februari 2021 ini, sebetulnya peserta harus datang ke Universitas Islam As-Syafi’iyah di Pondokgede Bekasi.

Halaman
123
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved