Breaking News:

pencarian korban longsor di sumbing

Dampak Longsor Kalijering Kebumen, 43 Keluarga Mengungsi

Pencarian korban longsor di Desa Kalijering, Kecamatan Padureso Kebumen hingga saat ini masih nihil.

Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Mensos Risma menghibur anak anak pengungsi korban longsor Desa Kalijering Kebumen, Jumat (12/2/2021) 

TRIBUN BANYUMAS COM, KEBUMEN - Pencarian korban tanah longsor di Desa Kalijering, Kecamatan Padureso Kebumen hingga saat ini masih nihil. Kendati demikian, tim SAR Gabungan masih berupaya mencari keberadaan korban yang diduga tertimbun tanah longsor. 

Sebelumnya, tim telah menemukan dua korban yang meninggal tertimbun longsor. Tarsinah (60), ditemukan lebih dulu dalam kondisi meninggal pada Rabu, 10 Februari 2021. Di hari yang sama, Doniatun ditemukan meninggal pada siang harinya, tidak jauh dari penemuan korban pertama. 
Keduanya telah dimakamkan di TPU setempat. 

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama mengatakan, buruknya cuaca dalam beberapa hari terakhir ini menjadi kendala tim dalam upaya pencarian korban. Terlebih kondisi tanah masih labil hingga berpotensi terjadi longsor susulan. Dalam kondisi seperti itu, tim harus ekstra hati-hati agar keselamatannya terjaga. 

"Tim terpadu, semua relawan masih bahu membahu mencari korban di hari ketiga, "katanya, Jumat (12/2/2021) 

Dari data BPBD Kebumen, akibat bencana itu, tujuh rumah warga mengalami kerusakan. Enam rumah di antaranya rusak total, serta satu lainnya rusak ringan. 

Di antara rumah yang rusak atau tertimbun tanah adalah milik korban Tarsinah dan Jemarun. Nilai kerusakan akibat bencana itu mencapai sekitar Rp 1,2 miliar. 

Sebanyak 43 keluarga terpaksa harus mengungsi karena bencana tanah longsor masih mengancam. Mereka mengungsi di sejumlah titik, baik di kantor Desa, tempat ibadah, hingga rumah-rumah warga yang relatif aman. 

"Upaya yang sudah dilakukan, pengiriman logistik kebutuhan dasar, pencarian korban, pendirian dapur umum dan pembukaan jalan yang tertimbun longsor,"kata Bako Humas BPBD Kebumen Heri Purwoto. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved