Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Dampingi Warga Manfaatkan Daun Kelor Jadi Sabun Pencegah Covid-19

Hesti Noviska Darmayanti, mahasiswa KKN tim I periode 2021 Universitas Diponegoro memanfaatkan daun kelor yang tersedia melimpah di Kabupaten Blora

IST
Sosialisasi pembuatan sabun cuci tangan organik dari daun kelor 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Hesti Noviska Darmayanti, mahasiswa KKN tim I periode 2021 Universitas Diponegoro memanfaatkan daun kelor yang tersedia melimpah di Kabupaten Blora khususnya di Desa Sumberejo untuk disulap menjadi sabun cuci tangan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Pembuatan sabun ini dilakukan karena terdapat beberapa rumah di Desa Sumberejo, Kecamatan Ngawen, Kabupatan Blora yang masih belum memiliki fasilitas sabun untuk cuci tangan.

Hal ini karena budaya cuci tangan menggunakan sabun masih jarang dilakukan dan bagi yang memiliki riwayat alergi terhadap kandungan zat kimia dalam sabun, kebiasaan cuci tangan justru menyebabkan tangan menjadi kering, gatal, dan terkelupas.

Sejalan dengan hal tersebut, Hesti, memanfaatkan daun kelor menjadi sabun cair organik karena mengandung zat antibakteri dan lebih lembut untuk kulit dikarenakan bahannya yang alami.

Hesti, telah melakukan sosialisasi pembuatan sabun cuci tangan organik dari daun kelor di Desa Sumberejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora pada 21 Januari lalu.

“Desa Sumberejo memiliki banyak tanaman kelor yang daunnya jarang dimanfaatkan oleh warga Desa Sumberejo. Padahal daun kelor memiliki banyak manfaat.” Ungkap Hesti.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan pembagian modul cara pembuatan sabun cuci tangan organik dari daun kelor.

Bahan yang digunakan yaitu ekstrak sari kelor, garam, texaphon dan air.

Cara pembuatan sabun cair dari daun kelor ini sangat mudah sehingga dapat diterapkan oleh warga di rumah masing – masing.

Selanjutnya, dilakukan pembagian poster cara mencuci tangan. Kegiatan diakhiri dengan praktek cara mencuci tangan yang benar menggunakan sabun organik dari daun kelor. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved