Breaking News:

Berita Video

Video Gempa Vulkanik Sebanyak 48 Kali Sehari di Gunung Sundoro

Hasil pengamatan data beberapa hari terakhir, terjadi 48 kali gempa vulkanik dari Sindoro dalam sehari.

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Berikut ini video gempa vulkanik sebanyak 48 kali sehari di Gunung Sundoro.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Berapi Sindoro-Sumbing dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Yuli Rahmatulloh menyebutkan, hasil pengamatan data selama beberapa hari terakhir, terjadi 48 kali gempa vulkanik dari Gunung Sindoro dalam sehari. Jumlah ini meningkat cukup signifikan dari rata-rata normal gempa vulkanik tak lebih 10 kali dalam sebulan.

Yuli mengatakan, 48 kali gempa vulkanik terjadi pada, Rabu (10/2/2021) lalu. Sedangkan peningkatan vulkanis Gunung Sindoro mulai terlihat pada pertengahan Desember 2020 lalu.

"Dari segi gempa, sejak pertengahan Desember hingga sekarang ada peningkatan, terutama gempa vulkanik. Normalnya di bawah 10 kali dalam sebulan, dan kemarin 48 kali pada tanggal 10 Februari," terangnya saat ditemui di Kantor Pos Pengamatan, Jumat (12/2/2021).

Kata Yuli, meningkatnya gempa vulkanik bisa saja diakibatkan karena curah hujan yang tinggi di puncak gunung. Sehingga, air hujan masuk ke dasar kawah dalam intensitas besar hingga bersentuhan langsung dengan magma gunung, dan terjadi venomena gempa.

"Bisa juga karena pengaruh faktor lain," ujarnya.

Ia memastikan, status Gunung Sindoro yang berada di perbatasan Temanggung-Wonosobo itu masih level I dengan kondisi normal. 

Artinya, warga sekitar bisa beraktivitas seperti biasa tanpa harus merasa waswas. Sedangkan bagi pendaki atau wisatawan, dilarang mendekat ke bibir kawah radius 200 meter.

"Kami terus pantau 24 jam. Rencana nanti malam akan kami cek visual di puncak, apakah ada perubahan pada kawah dan perubahan-perubahan lainnya," ujarnya. (*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved