Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Semarang Manfaatkan Biji Kopi Nangka Jadi Pengharum Ruangan

Desa Lerep merupakan desa yang terletak di sekitar pegunungan Ungaran yang memiliki tinggi 30 - 940 mdpl, dimana dengan ketinggian tersebut Desa Lerep

IST
Mahasiswa KKN Undip, Dimas Perdana, yang berasal dari jurusan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Sekolah Vokasi, saat sosialisasikan pembuatan produk inovasi dari kopi nangka yang ada di Desa Lerep. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Desa Lerep terletak di pegunungan Ungaran yang memiliki tinggi 30 - 940 mdpl.

Dengan ketinggian tersebut Desa Lerep memiliki potensi alam yang sangat berlimpah dari sektor pertanian.

Desa Lerep memiliki banyak perkebunan yang dikelola oleh para warga-warganya seperti perkebunan kopi, cengkeh, durian, nangka,dan masih banyak lagi.

Di Lerep sendiri ada salah satu komoditi kopi yang unik yaitu kopi nangka.

Konon, bahwa kopi nangka sendiri ada karena letak pohon kopi di sini terletak bersebelahan dengan pohon nangka dan mengakibatkan kopi tersebut memiliki aroma nangka.

“Tetapi kopi ini sendiri berjenis robusta yang berbeda dari kopi yang lain,” kata Mahasiswa KKN Undip, Dimas Perdana, Jumat (12/2/2021).

Dengan banyaknya komoditi tersebut dan kurangnya informasi tentang kegunaan lain kopi nangka di desa Lerep karena melimpahnya komoditi kopi yang ada , butuh suatu terobosan untuk membuat kopi nangka dikenal oleh orang-orang luar Desa Lerep.

Mahasiswa KKN Undip, Dimas Perdana, yang berasal dari jurusan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Sekolah Vokasi, dengan dosen pembimbing Fahmi Arifan dan Wisnu Broto membuat produk inovasi dari kopi nangka yang ada di Desa Lerep dengan membuat pengharum ruangan dari biji kopi nangka.

Kegiatan pembuatan pengharum ruangan dari biji kopi nangka dilakukan di posko.

Kemudian produk disosialisasikan ke Ibu-ibu PKK RT 6 RW 3 Desa Lerep.

Produk pengharum ruangan ini disambut dengan hangat dan antusias oleh Ibu-ibu PKK karena dapat menambah wawasan tentang solusi untuk mengolah lebih dalam lagi dan mengetahui manfaat dari biji kopi nangka yang ada di sekitar Desa Lerep ini.

Dengan adanya sosialisasi produk ini diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan warga dengan hanya memanfaatkan biji kopi yang berada di wilayah Desa Lerep. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved