Breaking News:

KKN Undip

Nangka Muda Jadi Abon Gurih dan Renyah Kreasi Mahasiswa KKN Undip Semarang

Dusun Indrokilo, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang memiliki banyak potensi sumber daya alam berupa produk pertanian

IST
Mahasiswa KKN Tematik Undip sedang melakukan sosialisasi produk kepada warga Dusun Indrokilo, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Dusun Indrokilo, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, memiliki banyak potensi sumber daya alam berupa produk pertanian yang perlu dikembangkan diantaranya kopi, cengkeh, aren, dan nangka.

Untuk meningkatkan kualitas dan nilai jual produk serta perekonomian masyarakat desa, mahasiswa KKN berkesempatan untuk memberikan inovasi berupa pengolahan bahan menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi.

Menurut mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Diponegoro 2021, Aisyah Nuraini, jurusan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Sekolah Vokasi, nangka muda merupakan salah satu sayuran yang banyak tumbuh di Indonesia, memiliki bentuk yang menyerupai serat-serat daging sehingga dapat dijadikan abon tiruan.

“Penggunaan bahan pangan nabati pada abon memiliki serat yang tinggi yang baik untuk kesehatan,” katanya, Jumat (12/2/2021).

Dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi mampu menyerap kolesterol, mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler, dan menormalkan lemak darah.

Abon yang dibuat dapat dipraktekkan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dijumpai, antara lain nangka muda (gori), jahe, kunyit, lengkuas, kemiri, ketumbar, daun jeruk, daun salam, batang sereh, dan gula aren.

Nangka muda sendiri memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yaitu vitamin A, vitamin C, dan Kalium.

Pengolahan abon nangka muda relatif mudah sehingga masyarakat Dusun Indrokilo khususnya ibu-ibu rumah tangga dapat membuatnya sendiri di rumah serta memiliki biaya produksi yang murah.

Mahasiswa KKN Tematik Undip sangat berharap inovasi produk yang telah dibuat dapat memberikan manfaat dan kontribusi pada peningkatan ekonomi masyarakat Dusun Indrokilo dengan hanya memanfaatkan bahan yang ada di sekitar. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved