Breaking News:

KKN Undip Semarang

Lestarikan Sejarah, Mahasiswa KKN Undip Petakan Situs Bersejarah di Sendangguwo Semarang

KKN TIM 1 UNDIP periode 2021, salahsatunya dilaksanakan di Kelurahan Sendangguwo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

IST
Mahasiswa KKN Undip, Iman Firmanullah, di Kelurahan Sendangguwo, Kota Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – KKN TIM 1 Undip periode 2021 salah satunya dilaksanakan di Kelurahan Sendangguwo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Kelurahan Sendangguwo yang ada di Kecamatan Tembalang ini memiliki berbagai situs sejarah yang tersebar di beberapa wilayah RW yang ada di kelurahan tersebut.

Oleh karena itu program kerja yang akan dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Undip, Iman Firmanullah di Kelurahan Sendangguwo adalah melakukan Pemetaan Situs Sejarah.

Pemetaan Situs Sejarah yang dilakukan adalah membuat papan penunjuk arah untuk menunjukan arah lokasi dari situs-situs sejarah tersebut.

Pemetaan berupa pembuatan papan penunjuk arah tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat sekitar dan para pengunjung menemukan jalan yang tepat untuk menuju lokasi situs-situs Sejarah tersebut.

Selain dibuat papan penunjuk arah, di Situs Punden Guwo yang terletak di RW 9 dan situs Punden Nyi Rebon yang terletak di RW 1 akan dibuatkan papan nama dari Situs Sejarah tersebut.

Situs-situs Sejarah di Kelurahan Sendangguwo yang akan diberi papan penunjuk arah dan papan nama diantaranya, Situs Punden Guwo yang terletak di RW 9, dan Situs Punden Nyi Rebon yang terletak di RW 9.

Sedangkan Situs-Situs Sejarah diberi papan penunjuk arah diantaranya, Situs Makam Pademangan yang terletak di RW 2, Situs Makam Padukuhan yang terletak di RW 1, Situs Makom Sentono Agung yang terletak di RW 5, Masjid As’Sajjad yang terletak di RW 10, dan Situs Sumur Sendang di RW 2.

Papan penunjuk arah ini akan diletakan di berbagai persimpangan jalan yang strategis dan bisa untuk memudahkan masyarakat sekitar maupun para pengunjung untuk mengetahui lokasi dari Situs-situs Sejarah yang ada di Kelurahan Sendangguwo ini.

Diharapkan kedepannya dari adanya papan penunjuk arah dan papan nama dari Situs-situs Sejarah yang ada di Kelurahan Sendangguwo ini, masyarakat sekitar bisa mengetahui lokasi Situs-situs Sejarah tersebut.

Selain itu, memahami bahwa di Kelurahan Sendangguwo tersebut terdapat Situs-situs bersejarah yang bisa dikunjungi dipelajari juga dilestarikan.

Kemudian dengan mengetahui lokasi dan memahami bahwa di Kelurahan Sendangguwo ini terdapat berbagai macam Situs Sejarah, masyarakat sekitar akan secara tidak langsung mengetahui warisan sejarah di wilayah mereka dan bisa melestarikan cagar budaya yang berupa situs sejarah tersebut supaya tidak terbengkalai. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved