Breaking News:

KKN Undip

Bantu Lawan Covid-19, Mahasiswa Undip Bagikan Alat Hand Sanitizer Canggih di Masjid

Hand sanitizer adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk mencuci tangan, jika tidak terdapat air bersih dan sabun.

IST
Pemasangan alat hand sanitizer otomatis dan poster cuci tangan yang baik dan benar di masjid At-Taqwa 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga menjumpai tanda-tanda akan berakhir.

Himbauan untuk tetap di rumah pun tidak pernah luput digencarkan.

Beberapa fasilitas publik yang sebelumnya ditutup kembali dibuka di antaranya adalah masjid.

Salah satu protokol kesehatan yang harus dijalankan di tempat umum adalahnya tersedianya fasilitas cuci tangan atau bisa diganti dengan hand sanitizer supaya lebih efektif dalam penggunaan.

Hand sanitizer adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk mencuci tangan, jika tidak terdapat air bersih dan sabun.

Dalam membantu penerapan prokol kesehatan di masjid, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim 1 tahun 2021, Farah Nadiyah bersama timnya melakukan program kerja KKN berupa pembuatan hand sanitizer menurut standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan alat hand sanitizer otomatis. KKN dilakukan di Bulusan, Tembalang, Kota Semarang.

Alat ini menggunakan sensor sehingga cairan hand sanitizer bisa keluar tanpa harus menyentuh alat.

Seperti yang diketahui hand sanitizer memiliki fungsi menghilangkan bakteri dan virus, akan tetapi penggunaannya di tempat umum bisa menjadi sarana persebaran COVID-19.

Hal ini karena tuas wadah hand sanitizer yang ditekan secara bergantian bisa menyebabkan tertinggalnya virus atau bakteri pada tuas wadah hand sanitizer tersebut.

Pembuatan hand sanitizer menggunakan formula yang dibuat berdasarkan standar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang digunakan sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran COVID-19. Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah :

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved