Breaking News:

Berita Kudus

Hartopo Usulkan Bantuan Perbaikan Infrastruktur Pasca Banjir

Pemkab Kudus mengusulkan anggaran untuk mengatasi rusaknya infrastruktur jalan akibat banjir.

Tribun Jateng/Raka F Pujangga
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus, HM Hartopo mendampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin, ?beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mengusulkan anggaran untuk mengatasi rusaknya infrastruktur jalan akibat banjir.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus, HM Hartopo mengatakan,‎ sudah meminta dukungan anggaran untuk penanganan infrastruktur pasca banjir dari pemerintah provinsi Jawa Tengah.

‎"Saya sudah sampaikan lewat vidcon (video conference) ke pemerintah provinsi dan kementerian agar ada penanganan infrastruktu pasca b‎anjir," ujar dia.

Dia menceritakan, sudah ada anggaran pemeliharaan rutin yang dialokasikan pada APBD 2021 ini. Namun anggaran itu sudah dipakai untuk penanganan perbaikan tanggul jebol karena banjir.

"Apalagi sekarang ini (pandemi) banyak anggaran yang direfocusing jadi harapannya ada bantuan pemeliharaan infrastruktur pasca bencana," kata Hartopo.

Selain itu, Pemkab Kud‎us juga tidak bisa menggunakan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) mencapai Rp 155 miliar pada 2021.

Hal itu menyusul adanya perubahan komposisi DBH CHT untuk infrastruktur sesuai dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor  206/2020

Padahal pihaknya sudah mengalokasikan sekitar 50 persennya atau Rp 77,5 miliar untuk infrastruktur.

"Makanya sekarang kepala daerah bingung, apalagi Kudus yang anggaran DBH CHT besar mau dikemanakan," ucap dia.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kudus, Jatmiko menceritakan, terbitnya ‎PMK 206/2020 itu setelah APBD 2021 Kabupaten Kudus disahkan. Sehingga pihaknya sudah mengalokasikan separuh anggaran ‎DBH CHT untuk infrastruktur.

Halaman
12
Penulis: raka f pujangga
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved