Breaking News:

KKN Undip

Ketahanan Pangan Saat Pandemi, Mahasiswa Undip Ajari Remaja Desa Pladen Kudus Buat Vertical Garden

Kondisi remaja Desa Pladen, Jekulo, Kudus saat ini, karena adanya wabah pandemi CoVid-19 membuat setiap kegiatan sekolah dilakukan secara daring.

IST
Mahasiswa KKN Undip 2021, Analia Astuti, saat pembuatan vertical garden secara sederhana pada anak muda Desa Pladen, Jekulo, Kudus. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - KKN Tim 1 Undip Periode 2021 dilaksanakan di Desa sendiri yang mengusung tema tentang Pemberdayaan Masyarakat di Tengah CoVid-19 pada tujuan berkelanjutan (SDGs).

Kondisi remaja Desa Pladen, Jekulo, Kudus saat ini, karena adanya wabah pandemi CoVid-19 membuat setiap kegiatan sekolah dilakukan secara daring dan di rumah saja.

Banyak waktu manfaat yang terbuang percuma karena waktu sekolah hanya dipergunakan 2 jam per hari.

Akibat kondisi ini, memunculkan ide bagi mahasiswa KKN Undip 2021, Analia Astuti, untuk membuat kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi kekosongan dan kebosanan para remaja, yaitu tentang pembuatan vertical garden secara sederhana.

“Manfaat dari program vertical garden ini yaitu, pembuatannya yang simple dan mudah tetapi tetap dapat menghasilkan jika jumlahnya banyak,” katanya, Senin (15/2/2021).

Selain itu juga, vertical garden ini tidak membutuhkan lahan yang luas dan hanya dengan barang bekas saja.

Pelaksanaan program yang Analia Astuti bawakan yaitu mengenai tata cara pembuatan vertical garden dari botol bekas, yang nantinya botol tersebut, mempunyai fungsi sebagai tempat penanaman sayuran.

“Hasil dari vertical garden ini diharapkan bisa menjadi solusi ketahanan pangan rumah tangga di saat pendemi akibat harga sayur yang mulai naik,” katanya.

Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh 5 orang remaja RT 04 RW 02 Desa Pladen yang mana di ajari tata cara pembuatan vertical garden dari botol bekas.

Selain diajari juga, peserta di berikan biji sayuran dan brosur pembuatan vertical garden jika nanti pada saat dirumah ingin membuat lebih banyak.

Pembagian biji sayuran, dan brosur ini selain ke peserta juga diberikan ke warga sekitar, agar ketahanan pangan yang diharapkan dapat tercapai maksimal.

Alat dan bahan yang dibutuhkan pembuatan vertical garden ini hanya botol bekas ukuran besar, tali, dan paku untuk melubangi botol. Tata caranya seperti dibawah ini. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved