Breaking News:

Berita Karanganyar

Lima Kades Buat Surat Laporan ke Bupati Karanganyar Terkait Rusaknya Jalan Solo-Purwodadi

Lima Kades di wilayah Kecamatan Gondangrejo membuat surat pemberitahuan kepada Bupati Karanganyar.

Istimewa
Kondisi Jalan Solo-Purwodadi yang masuk wilayah Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Lima Kades di wilayah Kecamatan Gondangrejo membuat surat pemberitahuan kepada Bupati Karanganyar menyusul kondisi jalan Solo-Purwodadi yang mengalami kerusakan saat musim penghujan seperti saat ini. 

Camat Gondangrejo, Rusmanto menyampaikan, surat pemberitahuan itu sudah disampaikan kepada Bupati Karanganyar kemarin. Mengingat jalan yang berstatus jalan provinsi itu sebagian ada yang masuk wilayah Karanganyar seperti Selokaton, Tuban, Rejosari, Bulu dan Tuban. 

"Itu (surat) tanda tangan bersama disampaikan kepada Bupati. Isinya pemberitahuan kondisi jalan rusak, terutama Solo-Purwodadi. Surat sudah disampaikan. Memang itu statusnya jalan provinsi. Apalagi kemarin saat kunjungan Pak Presiden (ziarah ke makam keluarga), ya bagaimana lagi," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (15/2/2021). 

Dia berharap supaya jalan segera diperbaiki, begitu juga saluran drainase di jalan tersebut. Dengan begitu arus lalu lintas dapat berjalan lancar dan tidak membahayakan pengguna jalan.

Terpisah, Kabid Bina Marga DPURP Karanganyar, Margono mengungkapkan, di wilayah Kabupaten Karanganyar memiliki ruas jalan dengan total 1.046, 51 Km. Berdasarkan data selama 2020, tercatat 49,3 persen jalan tersebut dalam kondisi baik. 

"35,38 persen (jalan) rusak sedang, 14,24 persen rusak ringan, dan 1,08 persen rusak berat," katanya saat ditemui di kantornya. 

Dia menjelaskan, jalan yang mengalami kerusakan berat itu berada di wilayah Jumantono. Sedangkan lainnya yang tersebar di beberapa kecamatan termasuk rusak sedang dan ringan. Dinas terkait sudah melakukan pemeliharaan jalan dengan cara ditambal di beberapa ruas seperti jalan di wilayah Klodran Kecamatan Colomadu, Tasikmadu-Kebakkramat, dan Matesih-Tawangmangu. 

"Jalan Jambangan Mojogedang baru mengerjakan gorong-gorong yang jebol, ternyata itu bangunan lama dan harus dibongkar total," ujarnya. 

Margono menjelaskan, kerusakan jalan yang ada di Kabupaten Karanganyar mayoritas dikarena faktor cuaca dan kelebihan beban muatan kendaraan. Sementara itu terkait kerusakan jalan Solo-Purwodadi, dinas terkait hanya bisa memberikan masukan. Pasalnya penanganan jalan tersebut merupakan kewenangan dari provinsi. 

"Kita hanya bisa memberikan masukan. Biasanya disampaikan saat rapat dengan provinsi. Jalan mana saja yang perlu pemeliharaan atau pelebaran," pungkasnya. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved