Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Manfaatkan Bubuk Kopi Jadi Sabun Pembersih Lantai Penghilang bau

Kopi banyak ditemukan di perkebuanan warga di Desa Gunungsari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang.

IST
Mahasiswa KKN Undipsosialisasi membuat produk sabun pembersih lantai beraroma kopi dengan memanfaatkan bubuk kopi. 

TRIBUNJATENG.COM, PEMALANG - Kopi banyak ditemukan di perkebuanan warga di Desa Gunungsari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang.

Kopi di desa Gunugsari ini memliki beragam jenis grade kopi, dari grade yang paling bagus hingga grade yang biasa setelah melewati proses pernyortiran.

Kopi dengan grade yang berkualitas adalah kopi yang dijual sebagai bubuk kopi ataupun biji kopi.

Sedangkan kopi dengan kualitas yang biasa saja, biasanya hanya disimpan di Gudang Pengolahan Kopi dan jarang ada pembeli yang mau membeli kopi tersebut.

Sabun pembersih lantai merupakan pembersih yang digunakan untuk membersihkan lantai sekaligus menghilangkan bau yang tidak sedap pada lantai.

Meskipun menggunakan beberapa bahan kimia namun bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan sabun pembersih lantai ini umum dan mudah untuk dicari.

Untuk mengatasi keluhan warga lantai yang dipel seringkali malah menimbulkan bau apek dan tidak sedap.

Mahasiswa KKN Undip, Muhammad Fikri Arief, yang berasal dari jurusan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Sekolah Vokasi, dengan Bapak Fahmi Arifan, S.T., M.Eng., dan Bapak Ir. R. TD. Wisnu Broto, M.T., sebagai dosen pembimbingnya mencoba membuat produk sabun pembersih lantai beraroma kopi dengan memenafaatkan bubuk kopi dari kopi dengan kualitas yang biasa yang dapat mengatasi keluhan warga tersebut.

Kegiatan pembuatan sabun pembersih lantai aroma kopi ini dilakukan di rumah mitra mahasiswa KKN di Desa Gunungsari yaitu rumah warga, Fajar Budiyuwono.

Kelebihan dari produk ini yaitu merupakan produk pembersih lantai dengan aroma khas kopi yang dapat menghilangkan kuman dan bakteri serta menghilangkan bau tidak sedap pada lantai, dan aroma kopi yang dihasilkan dapat meningkatkan mood seseorang.

Sosialisasi disambut dengan antusias oleh ibu-ibu anggota dan pengurus koperasi Desa Gunungsari karena dapat menambah wawasan dan produk semacam sabun pembersih lantai ini sangat sering dipakai oleh ibu-ibu Desa Gunungsari.

Dengan adanya sosialisasi produk sabun pemebrsih lantai aroma kopi ini, diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan warga dan produk ini dapat diberlanjutkan oleh warga Desa Gunugsari. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved