Breaking News:

Berita Banyumas

Pahitnya Kopi di Masa Pandemi, Curhatan Para Pengusaha Kedai Kopi di Purwokerto

Sejumlah kedai kopi di perkotaan Purwokerto merasakan betul pahitnya bisnis bertahan di kala pendemi.

Tribun Jateng/Permata Putra Sejati
Seorang pengusaha kedai kopi di Purwokerto, Kopi Lajornada yang berada di daerah Dukuh Waluh, saat meracik minuman kopi pada Minggu (14/2/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Pahitnya kopi semakin pahit karena pandemi Corona.  Sejumlah kedai kopi di perkotaan Purwokerto misalnya merasakan betul pahitnya bisnis bertahan dikala pandemi. 

Seorang pemilik kedai kopi di Purwokerto, Ngulik Kopi, Epa Kari

Seorang pengusaha kedai kopi di Purwokerto, Kopi Lajornada yang berada di daerah Dukuh Waluh, saat meracik minuman kopi pada Minggu (14/2/2021).
Seorang pengusaha kedai kopi di Purwokerto, Kopi Lajornada yang berada di daerah Dukuh Waluh, saat meracik minuman kopi pada Minggu (14/2/2021). (Tribun Jateng/Permata Putra Sejati)

sma Kurniawan (30) mengatakan omsetnya sangat turun.  Akhirnya Ia harus memboyong usahanya itu ke rumahnya, karena merasa berat jika harus membayar kontrakan ruko. 

Menurutnya harga kontrakan beragam, ada yang harga setiap tahunannya normal.  Ada pula yang harganya naik saat pandemi. 

Tempat usahanya yang sebelumnya di daerah Jalan Wringin Tirto, sekarang pindah di Sokaraja. 

"Akhirnya iya pindah di rumah sendiri.  Sejak awal bulan lalu konsumennya jadi lokal saja, padahal kalau dulu semua kalangan dan dari banyak luar kota," ujarnya kepada Tribunbanyumas.com, Minggu (14/2/2021). 

Hal senada dikatakan oleh pemilik kedai kopi Lolana, Heri (28) yang juga mengalami hal serupa.  Dia yang semula membuka kedai di Sumampir, Purwokerto kini pindah di Langgongsari, Cilongok. 

"Omzetnya turun tidak bisa lanjut kontrak kios akhirnya pindah ke daerah pinggiran," terangnya. 

Ia bercerita jika omsetnya turun sampai 50 persen.  Sementara itu, pemilik kafe Kebon Kopi, Benny Indrawan mengatakan jika dalam masa pandemi ini, pemilik beragam bisnis mengalami kondisi yang hampir sama.  Tidak terkecuali bisnis kedai kopi

Menurutnya ada hal berbeda pada bisnis Kafe.  Bisnis kafe atau kedai kopi tak hanya bicara soal rasa produknya saja. 

Halaman
123
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved