Breaking News:

Berita Blora

Panjang Landasan Pacu Bandara Ngloram Blora akan Ditambah

Runway atau landasan pacu Bandara Ngloram Cepu Kabupaten Blora akan ditambah 100 meter.

Istimewa
Landasan pacu Bandara Ngloram, Cepu, Blora. 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Runway atau landasan pacu Bandara Ngloram Cepu Kabupaten Blora akan ditambah 100 meter. Saat ini, landasan pacu yang telah terbangun yakni sepanjang 1.500 meter.

“Soal penambahan panjang landasan pacu kami masih menunggu pembebasan lahan,” ujar Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Dewandaru Karimunjawa yang juga membawahi Bandara Ngloram, Ariadi Widiawan kepada Tribunjateng.com, Selasa (16/2/2021).

Ariadi menambahkan, terkait landasan pacu di Bandara Ngloram yang nantinya hanya sepanjang 1.600 meter, pesawat yang bisa mendarat atau lepas landas maksimal jenis ATR-72.

“Kalau jenis boeing landasan pacunya harus mencapai 2.500 meter. Kalau di Bandara Ngloram nantinya yang bisa naik dan turun hanya pesawat jenis ATR,” ucap dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Blora Arief Rohman mengatakan, terkait pembebasan lahan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan. Menurutnya,  proses pembebasan lahan harus dilaksanakan segera, mengingat keseluruhan proses pembangunan bandara ditargetkan tuntas di akhir tahun 2021.

Pembebasan lahan ini menyangkut akses jalan masuk bandara juga termasuk peranti kelengkapan bandara, misalnya gedung perkantoran, parkir, dan gedung pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP-PK).

“Untuk tahun 2021 ini, Pemkab Blora sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 7,5 miliar untuk pembangunan jalan menuju lokasi bandara,” ujar Arief yang juga sebgai buati terpilih.

Kemudian perihal penambahan panjang landasan pacu dia berharap bisa segera diselesaikan pembebasan lahan dan pengerjaannya. Untuk itu dia meminta kepada Bappeda, DPUPR, dan BPN agar mengawal proses pembebasannya.

“Petakan dengan baik kebutuhan untuk pembebasan lahan, supaya proses pembangunan Bandara Ngloram pun dapat berjalan sesuai harapan kita semua,” kata Arief. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved