Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Angin Kencang Terjang Desa Buniwah Bojong Kab Tegal, Rusak Rumah, Sejumlah Warga Mengungsi

Akibatnya, sebanyak 13 rumah warga mengalami kerusakan. Baik rusak ringan, sedang, sampai rusak parah

Istimewa
Foto beberapa rumah warga yang terdampak bencana angin di Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal yang terjadi pada Selasa (16/2/2021) malam kemarin. Terlihat atap rumah warga rusak dan hilang terbawa angin. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Intensitas hujan yang cukup tinggi dan berlangsung lama, ditambah munculnya angin besar pada Selasa (16/2/2021) malam kemarin, mengakibatkan beberapa rumah warga Desa Buniwah, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal mengalami kerusakan.

Rumah warga yang terdampak mengalami kerusakan terutama dibagian atapnya karena tidak kuat menahan kencangnya angin sehingga atap terbang.

Camat Bojong, Iwan Kurniawan mengungkapkan, angin kencang menerjang Dukuh Sanggabirita, Desa Buniwah, RT 2 RW 1, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, terjadi sekitar pukul 22.00 WIB - 22.30 WIB.

Akibatnya, sebanyak 13 rumah warga mengalami kerusakan. Baik rusak ringan, sedang, sampai rusak parah. 

"Sementara masih kami data dahulu warga yang terdampak, namun perangkat desa dan relawan setempat sudah membantu dengan alat seadanya. Kemudian akan kami laporkan supaya mendapat pantauan atau bantuan dari BPBD atau pun lainnya. Tapi memang cuaca masih cukup ekstrem dan masih hujan terus," ujar Iwan, pada Tribunjateng.com, Rabu (17/2/2021).

Saat ini, warga yang menjadi korban karena rumahnya rusak masih bertahan di rumah masing-masing. Tapi yang mengalami rusak parah mereka mengungsi ke rumah saudaranya masing-masing.

Adapun bantuan yang diperlukan saat ini yaitu seperti batu bata, kayu untuk rusuk, dan seng. Sedangkan untuk kebutuhan makanan masih bisa dipenuhi sambil menunggu bantuan.

"Penyebabnya ya karena memang cuaca yang masih ekstrem. Selain itu diduga atap yang terbang karena kontur paku kurang kuat dan kayu sudah lapuk sehingga mudah terbang ketika kena angin kencang. Ada juga beberapa rumah warga yang terkena pohon tumbang," ungkapnya.

Dikatakan, di hari yang sama juga terjadi angin puting beliung di Desa Bojong, RT 03 RW 01, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Sebanyak tiga rumah warga yang terdampak yaitu mengalami rusak ringan, sedang, dan berat. 

Total kerugian diperkirakan  mencapai puluhan juta rupiah. 

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved