Breaking News:

KKN Undip

Dari Ember Bekas, Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Ember Komposter Pengurai Sampah Jadi Kompos

Harapan program ini yaitu masyarakat desa Gunungsari memiliki kesadaran untuk dapat memilah sampah dan mengelola menjadi produk yang lebih berkualitas

IST
Mahasiswa KKN Undip, Putri Puji Nugraheni dari jurusan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Sekolah Vokasi, saat mempresentasikan model dari ember komposter. 

TRIBUNJATENG.COM, PEMALANG - Telah berlangsung kegiatan sosialisasi Program Monodisiplin KKN UNDIP Desa Gunungsari bertempat TPQ Desa Gunungsari, Kecamatan Pulosari, Pemalang.

Program monodisiplin ini berupa “Pembuatan Ember Komposter dari Sampah Organik”.

Sampah organik di sini yaitu menggunakan sampah limbah rumah tangga dan daun kopi kering.

Harapan program ini yaitu masyarakat desa Gunungsari memiliki kesadaran untuk dapat memilah sampah dan mengelola menjadi produk yang lebih berkualitas dan berdaya guna.

Sosialisasi ini diberikan kepada anggota dan pengurus Koperasi Karya Mandiri Sejahtera Desa Gunungsari Sabtu (30/1/2021).

“Pergerakan ini diharapkan dapat memicu masyarakat secara keseluruhan untuk melakukan pengelolaan sampah secara terpadu,” kata Mahasiswa KKN Undip, Putri Puji Nugraheni dari jurusan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Sekolah Vokasi, saat mempresentasikan model dari ember komposter.

Selain dapat menghemat biaya dalam pembelian pupuk, ini juga dapat meminimalkan sampah dedaunan kopi yang sudah kering, lalu pembuatan ember komposter ini juga dapat dijual lagi dengan biaya yang lumayan tinggi.

Ember tersebut berisi penutup ember yang sudah dipotong dan dilubangi sedemikian rupa untuk menyaring dan membuat kompos dalam bentuk cair maupun padat setelah sampah bereaksi dengan senyawa EM4 (mikroorganisme).

Setelah kompos jadi, maka kompos padat dapat dikeringkan dan dicampurkan dengan tanah sesuai dengan kebutuhan sedangkan penggunaan kompos cair dapat dilarutkan dengan air bersih secukupnya kemudian disemprotkan pada tanaman. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved