Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Bikin Sendiri Lampu Jalan Berbasis Panel Surya untuk Warga Bulusan Semarang

Kelompok KKN mahasiswa Universitas Diponegoro mengaplikasikan pengunaan panel surya sebagai sumber energi untuk menyalakan lampu jalan.

IST
Penyerahan Alat Lampu Jalan Berbasis Panel Surya Kepada Ketua RT 1 Bulusan, Tembalang, Kota Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro yaitu Kholid Abdul Azis dari prodi S1 Teknik Mesin dan 7 orang lain mengaplikasikan penggunaan panel surya sebagai sumber energi untuk menyalakan lampu jalan pada RT 1 RW 3 Kelurahan Bulusan, Tembalang, Kota Semarang.

Program kerja KKN ini terlebih dahulu diawali dengan permintaan izin dan diskusi dengan Lurah Kelurahan Bulusan, Ketua RW 03, Ketua RT 01, serta Dosen Pembimbing Lapangan.

Dilanjutkan dengan design alat dan produksi alat.

Proses pembuatan alat terdiri dari mencari referensi desain yang cocok, pencarian alat dan bahan yang akan digunakan untuk perakitan alat lampu jalan berbasis panel surya.

Setelah melewati tahapan-tahapan manufaktur sampai dengan finishing alat, setelah itu dilanjutkan dengan melakukan diskusi dengan ketua RT 01 untuk membahas lokasi mana yang sekiranya di daerah tersebut kekurangan penerangan ketika malam hari dan juga terpapar sinar matahari yang cukup banyak ketika siang hari.

Setelah diskusi panjang didapatkanlah tempat sesuai kriteria tersebut yaitu di gang menuju sumur warga.

Pemberian alat tersebut diterima langsung oleh ketua RT 1.

Pembuat alat menerangkan cara kerja panel surya tersebut dan juga bagaimana cara merawatnya dengan baik.

“Diharapkan dengan adanya Lampu Penerangan Jalan Berbasis Panel Surya ini dapat mengedukasi masyarakat untuk beralih menggunakan energi baru terbarukan sehingga dapat mengurangi polusi dan juga dapat memeberikan penerangan jalan yang baik terhadap daerah yang ditempatkan,” ucap Kholid Abdul Azis. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved