Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Semarang Manfaatkan Ekstrak Biji Kopi Jadi Hand Sanitizer Sensasi Lembut

Selain untuk menghemat biaya, pembuatan hand sanitizer menggunakan biji kopi sangat mudah dan ramah lingkungan.

IST
Mahasiswa KKN Undip yang bernama Putri Puji Nugraheni saat sosialisasi pemanfaatan ekstrak kopi untuk hand sanitizer. 

TRIBUNJATENG.COM, PEMALANG - Desa Gunungsari terletak di bagian utara Kecamatan Pulosari yang merupakan salah satu dari 14 Kecamatan di Kabupaten Pemalang yang terdiri dari 12 Desa dan terletak di daerah berbukit dengan ketinggian sekira 850 meter dari permukaan laut.

Kopi banyak ditemukan di ladang-ladang warga di Desa Gunungsari yakni kopi arabika dan kopi robusta.

Sabtu (30/1/2021), mahasiswa KKN Undip Putri Puji Nugraheni berasal dari jurusan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Sekolah Vokasi, dengan dosen pembimbing Fahmi Arifan, S.T., M.Eng., dan Bapak Ir. R. TD. Wisnu Broto, M.T., memanfaatkan biji kopi untuk membuat produk hand sanitizer.

Selain untuk menghemat biaya, pembuatan hand sanitizer menggunakan biji kopi sangat mudah dan ramah lingkungan.

Biji kopi yang mempunyai fungsi sebagai antibakteri alami dipercaya bisa menangkal kuman dan bakteri dan aman digunakan untuk sehari-hari.

“Perbedaan hand sanitizer ini dari yang lain adalah pemanfaatan biji kopi dengan grade C untuk dijadikan sebagai aroma dalam hand sanitizer,” katanya.

Selain itu, keunggulan hand sanitizer dari bahan alami ini tidak membuat iritasi tangan dan kulit, bau yang dihasilkan dari hand sanitizer ini dapat meningkatkan mood seseorang, dan aroma kopi yang dihasilkan dari hand sanitizer ini termasuk langka.

Produk Hand Sanitizer beraroma kopi disambut dengan hangat dan antusias oleh anggota dan pengurus Koperasi Karya Mandiri Sejahtera Desa Gunungsari karena dapat menambah wawasan tentang pemanfaatan biji kopi selain untuk dikonsumsi. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved