Breaking News:

Berita Kebumen

Pelantikan Bupati Ditunda, Pelaksana Harian Bupati Kebumen Ditunjuk

“Untuk mencegah terjadinya kekosongan kepemimpinan maka Sekda ditunjuk sebagai pelaksana harian bupati,”

Istimewa
Arif Sugiyanto Bupati Kebumen Terpilih 

TRIBUNJATENG. COM, KEBUMEN - Hari ini, Rabu (17/2/2021) mestinya menjadi momentum penting dan hari bersejarah bagi bupati dan wakil bupati Kebumen terpilih Arif Sugiyanto – Ristawati Purwaningsih. Hari ini, sedianya pasangan itu dilantik menjadi pemimpin baru kabupaten Kebumen

Sayang, Kementerian Dalam Negeri memutuskan untuk menunda pelantikan 207 Kabupaten atau Kota di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Kebumen.

Pelantikan kepala daerah ditunda pada akhir Februari 2021 mendatang. Pelantikan rencananya dilaksanakan antara tanggal 25 sampai 27 februari 2021.

Dengan ditundanya pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, sudah pasti akan terjadi kekosongan kepemimpinan kepala daerah di Kebumen. Pasalnya, Bupati Kebumen saat ini, yakni Yazid Mahfudz telah habis masa jabatannya hari ini, tanggal 17 Februari. 

Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono mengatakan, untuk menghindari kekosongan kepemimpinan sampai hari pelantikan, Sekda Kebumen akan ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (PLH) bupati.

“Untuk mencegah terjadinya kekosongan kepemimpinan maka Sekda ditunjuk sebagai pelaksana harian bupati,” katanya, Rabu (17/2/2021) 

Tetapi kewenangan Plh ini terbatas. Ujang mengatakan, Plh bupati tidak memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan strategis, terutama dalam Bidang Keuangan dan Kepegawaian. 

Tetapi apabila ada keputusan strategis yang harus diambil, maka harus meminta persetujuan dari Kemendagri.

‘’Pengambilan keputusan boleh tapi bukan yang strategis misalnya bidang keuangan bidang kepegawaian. Untuk itu jika ada suatu hal yang strategis dan harus dilaksanakan karena sesuatu hal, maka harus seizin dari Mendagri,’’katanya.

Bupati terpilih Arif Sugiyanto sendiri mengaku, sejak awal, sebenarnya ia berharap tidak ada penundaan pelantikan. 

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved