Breaking News:

Berita Ungaran

Pelantikan Bupati Terpilih Ditunda, Pjs Sekda Rangkap Plh Bupati Semarang

Pjs Sekda Kabupaten Semarang secara resmi merangkap Plh Bupati Kabupaten Semarang, Rabu (17/2/2021).

TRIBUNJATENG.COM/M NAFIUL HARIS
Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyerahkan nota dinas kepada Plh Bupati Semarang Suko Mardiono, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, Kabupaten Semarang, Rabu (17/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Penjabat Sementara (Pjs) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Semarang secara resmi merangkap Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kabupaten Semarang, Rabu (17/2/2021).

Pjs Sekda sekaligus Plh Bupati Semarang Suko Mardiono mengatakan penunjukkan dirinya untuk mengisi kekosongan jabatan sementara waktu karena ditundanya pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam Pilkada 2020.

"Jadi selain di Kabupaten Semarang juga di Kabupaten Sukoharjo serta Kabupaten Rembang. Kalau daerah lainnya Plh kepala daerah diisi Sekda definitif masing-masing,” terangnya kepada Tribunjateng.com seusai acara Serah Terima Jabatan Bupati Semarang di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, Kabupaten Semarang, Rabu (17/2/2021)

Menurut Suko, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Semarang terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 bakal dilaksanakan hari ini. Namun sesuai dengan surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pelantikan tersebut ditunda sampai dengan 26 Februari 20201 nanti.

Ia menambahkan, agar tidak terjadi kekosongan selama delapan hari kedepan dirinya selaku Staf Ahli Gubernur Jawa Tengah Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik ditugaskan sebagai Plh.

"Ini merupakan dinamika kepemimpinan di daerah yang tidak hanya terjadi di Kabupaten Semarang, salah satu daerah yang telah menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020 di Jawa Tengah," katanya

Pihaknya menyatakan, regulasi terkadang memang tidak bisa melihat dinamika di daerah sehingga sangat memungkinkan terjadinya dobel jabatan, seperti Penjabat Sekda sekaligus juga Pelaksana harian bupati.

Meski demikian, secara prinsip sampai dengan pelantikan kepala daerah definitif Plh memastikan roda pemerintahan di Kabupaten Semarang tetap bisa berjalan walaupun dengan kewenangan yang terbatas.

Terpisah Ketua DPRD Kabupaten Semarang, Bondan marutohening membenarkan sesuai dengan rapat virtual antara Kemendagri dengan Pemkab Semarang, pelantikan Bupati Semarang terpilih hasil Pilkada serentak 2020 bakal dilaksanakan 26 Februari 2021 mendatang.

Kemudian tentang pelaksanaannya juga telah diterbitkan surat oleh Kemendagri acara pelantikan secara virtual. Kendati begitu Bondan juga mengaku masih menunggu kepastian kemungkinan masih adanya perubahan dari jadwal pelantikan tersebut.

“Baru kali ini, ketika seorang Pj Sekda juga sekaligus menerima amanah sebagai Plh Bupati Semarang, guna mengisi kekosongan pimpinan daerah selama delapan hari, dari tanggal 17 sampai dengan tanggal 26 Februari 2021,” ujarnya. (*)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved