Breaking News:

Berita Semarang

Peran RT-RW Harus Lebih Optimal dalam Pelaksanaan PPKM Mikro di Jateng

Sepekan lebih pemberlakukan pembatasan masyarakat (PPKM) Mikro dilaksanakan di Jawa Tengah.

Tribun Jateng/Mamdukh Adi
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, Bambang Kusriyanto (kedua kanan) saat acara diskusi di Gedung Berlian. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sepekan lebih pemberlakukan pembatasan masyarakat (PPKM) Mikro dilaksanakan di Jawa Tengah.

Meskipun demikian, pembatasan skala mikro ini belum dirasakan masyarakat. Aturan ini dinilai sama dengan PPKM yang diterapkan sebelumnya.

Agar upaya ini efektif dibutuhkan optimalisasi peran tataran pemerintah di lingkup terkecil yakni Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW).

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, Bambang Kusriyanto saat diskusi Prime Topic di Gedung Berlian DPRD Jateng, Rabu (17/2/2021).

"Pelibatan RT dan RW diharapkan bisa membatasi semua kegiatan masyarakat di sejumlah kampung. Namun, dalam pelaksanaannya, kemudian dibutuhkan sosialisasi yang digiatkan kepada RT dan RW karena mereka ada yang belum paham," kata pria yang akrab disapa Krebo ini.

Gagapnya RT dan RW dalam pelaksanaan PPKM Mikro ini karena kurangnya sosialisasi yang berjenjang dari kabupaten/kota kecamatan hingga desa atau kelurahan hingga yang paling bawah.

"Sehingga diharapkan para RT dan RW ini tahu apa yang harus dilakukan. Mereka tahu apa yang harus dilakukan jika ada warga yang hendak melakukan kegiatan (yang berpotensi kerumunan) dan tahu ketika ada warganya yang terinfeksi covid," jelasnya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini berharap penerapan program ini diimbangi dengan ketegasan aparat desa.

Ia juga meminta adanya kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menekan penyebaran virus corona ini.

Menurutnya, menggugah kesadaran masyarakat memang cukup sulit. Banyak masyarakat yang masih berkegiatan dengan tidak menerapkan protokol kesehatan.

Halaman
123
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved